ANALISIS IMPLEMENTASI ENVIRONMENTAL HEALTH AND SAFETY STANDARD BERDASARKAN AUN-QA (ASEAN UNIVERSITY NETWORKING QUALITY ASSURANCE) MANUAL (STUDI KASUS PADA SALAH SATU FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DI INDONESIA)

LISTIARINA, AFIFAH (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI ENVIRONMENTAL HEALTH AND SAFETY STANDARD BERDASARKAN AUN-QA (ASEAN UNIVERSITY NETWORKING QUALITY ASSURANCE) MANUAL (STUDI KASUS PADA SALAH SATU FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT DI INDONESIA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
48Kb

Abstract

AUN-QA merupakan akreditasi internasional berskala Asia Tenggara yang bertujuan untuk menyatukan misi pada standar pendidikan universitas. Hal ini salah satunya diukur dalam kriteria environmental health and safety standard . FKM “X” telah mendapatkan akreditasi oleh AUN-QA pada tahun 2015 namun masih terdapat beberapa yang harus ditingkatkan mengingat FKM “X”masih berada dalam skala ambang batas untuk lulus akreditasi, khususnya dalam kriteria environmental health and safety standard.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Environmental Health and Safety Standard berdasarkan AUN-QA Manual di FKM Undip. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang sebagai informan utama dan 7 orang sebagai informan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemenuhan FKM “X” terhadap Environmental Health and Safety Standard pada kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), perencanaan program K3, Manajemen APD, Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Kebakaran, Penggunaan dan Pemeliharaan P3K, Perencanaan Jalur Evakuasi, dan Perencanaan tanggap darurat adalah 22,22%; 0%; 25%; 26,13%; 50%; 72,09%; 11,11%. Dengan perolehan skala masing-masing berdasarkan AUN-QA adalah 3; 3; 4; 4; 5; 5; 2. Sehingga dapat disimpulkan rata-rata yang diperoleh adalah 3,75 atau berada diantara “tidak adekuat” dan “adekuat”. Di Universitas “X” belum memprioritaskan pemenuhan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan K3 dalam AUN-QA Manual. Oleh karena itu, FKM “X” perlu melengkapi dalam halkebijakan K3, perencanaan program K3, Manajemen APD, Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Kebakaran, P3K, Perencanaan Jalur Evakuasi, dan Perencanaan tanggap darurat sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam rangka meningkatkan pencapaian skala tingkatan pada re-akreditasi AUN-QA. Kata Kunci: Environmental Health and Safety Standard , AUN-QA Manual , Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52553
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Mar 2017 11:35
Last Modified:21 Mar 2017 11:35

Repository Staff Only: item control page