Efisiensi Penggunaan Protein Ransum Yang Mengandung Daun Pepaya pada Ayam Broiler (Protein Efficiency of Diets Containing Papaya Leaves on Broiler Chicken)

SUPRIYANTO, Moch and NASOETION, Maulana Hamonangan and SUPRIJATNA, Edjeng (2015) Efisiensi Penggunaan Protein Ransum Yang Mengandung Daun Pepaya pada Ayam Broiler (Protein Efficiency of Diets Containing Papaya Leaves on Broiler Chicken). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
146Kb
[img]
Preview
PDF
7Kb
[img]
Preview
PDF
29Kb
[img]
Preview
PDF
92Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

35Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

679Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

978Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan tepung daun pepaya dalam ransum pada efisiensi protein ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2012 di Laboratorium Produksi Ternak Unggas Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan adalah ayam broiler umur satu hari sebanyak 160 ekor unsexed dengan bobot badan 45,46±3,47 g. Bahan penyusun ransum terdiri dari jagung, polard, bungkil kedelai, tepung ikan, premix, dan tepung daun pepaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan berupa ransum dengan: T0= ransum tanpa daun pepaya; T1= ransum dengan tepung daun pepaya 3%; T2= ransum dengan tepung daun pepaya 6%; T3= ransum dengan tepung daun pepaya 9%. Parameter yang diukur meliputi konsumsi protein, rasio efisiensi protein, kecernaan protein dan retensi nitrogen. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa penggunaan tepung daun pepaya tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi protein, rasio efisiensi protein, kecernaan protein dan retensi nitrogen. Simpulan dari penelitian ini adalah tepung daun pepaya dapat digunakan dalam ransum ayam broiler sebesar 9%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52462
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Mar 2017 11:09
Last Modified:17 Mar 2017 11:09

Repository Staff Only: item control page