Pengaruh Pemupukan Arang Aktif terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Nutrisi Rumput Gajah (Pennisetum purpureum) sebagai Pakan Ternak (Effect of Active Carbon Fertilization to Growth and Nutrient Quality of Elephant Grass (Pennisetum purpureum) as Animal Feed).

SUSANA, Susana and NUSWANTARA, Limbang Kustiawan and PURBAJANTI, Endang Dwi (2014) Pengaruh Pemupukan Arang Aktif terhadap Pertumbuhan dan Kualitas Nutrisi Rumput Gajah (Pennisetum purpureum) sebagai Pakan Ternak (Effect of Active Carbon Fertilization to Growth and Nutrient Quality of Elephant Grass (Pennisetum purpureum) as Animal Feed). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
369Kb
[img]
Preview
PDF
37Kb
[img]
Preview
PDF
52Kb
[img]
Preview
PDF
50Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

61Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

102Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

537Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji kontribusi pupuk arang aktif terhadap pertumbuhan dan kadar protein kasar serta kadar serat kasar rumput gajah. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kaca Laboratorium Ekologi dan Produksi Tanaman Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Materi yang digunakan ialah bibit rumput gajah (Pennisetum purpureum). Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima ulangan. Pemupukan urea dengan dosis 100 kgN/ha setara dengan 220 kg urea/ha dan pemupukan arang aktif dengan dosis 1000 kg/ha yang diberikan secara bertingkat pada masing-masing perlakuan. Perlakuan pemupukan yang diterapkan sebagai berikut : T1 = 0 g arang aktif, T2 = 5 g arang aktif, T3 = 10 g arang aktif, T4 = 15 g arang aktif. Variabel yang diukur adalah pertumbuhan, kadar protein kasar dan kadar serat kasar rumput gajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemupukan arang aktif tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap tinggi, kadar protein kasar dan kadar serat kasar tanaman rumput gajah. Rata-rata tinggi tanaman, berat segar, kadar PK dan SK rumput gajah adalah 114,6 cm, 146,32 g, 10,96% dan 28,94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemupukan arang aktif tidak dapat meningkatkan laju pertumbuhan dan kadar protein kasar serta tidak dapat menurunkan kadar serat kasar rumput gajah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52454
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Mar 2017 10:12
Last Modified:17 Mar 2017 10:12

Repository Staff Only: item control page