PERBEDAAN KELEKATAN TERHADAP ORANGTUA PADA REMAJA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN USIA (Studi Komparasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 dan Kelas XI SMA Negeri 2 Semarang)

Hapsari, Pragistra Rizky and ARIATI, K Kurnia (2017) PERBEDAAN KELEKATAN TERHADAP ORANGTUA PADA REMAJA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN USIA (Studi Komparasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 dan Kelas XI SMA Negeri 2 Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
17Kb

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa ini, setidaknya individu mengalami beberapa perubahan diantaranya perubahan biologis, psikologis dan sosio emosional.Usia remaja terdiri dari remaja awal (12-15 tahun), remaja tengah (15-18 tahun), dan remaja akhir (18-21 tahun). Memasuki usia remaja, individu mulai mengalami konflik dengan orangtua seperti keinginan untuk mandiri dan menghabiskan waktu dengan teman sebayanya. Mengatasi konflik yang ada perlu dilandasi dengan hubungan kelekatan yang kuat antara anak dengan orangtua. Kelekatan ialah ikatan emosional timbale balik antara anak dengan orangtua untuk mencapai kedekatan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kelekatan terhadap orangtua pada remaja ditinjau dari jenis kelamin dan usia. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan usia remaja awal (12-15 tahun) dan remaja tengah (15-18 tahun). Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 dan kelas XI SMA Negeri 2 Semarang yang berjumlah 308 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala kelekatan terhadap orangtua dengan 25 aitem valid. Analisis data dilakukan dengan metode analisis varians dua arah.Hasil analisis data pada variable jenis kelamin menunjukkan koefisien komparasi 6,862 dengan signifikansi 0,009 (p<0,05), dan didapatkan hasil koefisien komparasi 0,773 dengan signifikansi 0,380 (p>0,05) pada variable usia. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima dan hipotesis kedua ditolak. Kata kunci: kelekatan terhadap orangtua, remaja, usia, jenis kelamin

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:52452
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:10 Aug 2017 10:57
Last Modified:10 Aug 2017 10:57

Repository Staff Only: item control page