Augustia, Ummi Auliaa and Kristiana, Ika Febrian (2017) STUDI KASUS TENTANG GAMBARAN PROSES PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK TUNARUNGU. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Microsoft Word 20Kb |
Abstract
Tuna rungu merupakan kondisi di mana indera pendengaran seseorang melemah atau mengalami kerusakan sehingga menyebabkan hambatan pada pemrosesan informasi bunyi dan bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan kepercayaan diri pada seorang penyandang tunarungu. Kepercayaan diri merupakan sikap positif pada diri sendiri untuk dapat menerima kenyataan, meningkatkan kemampuan diri serta mampu mewujudkan keinginan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu, ibu kandung, pelatih modeling, guru kelas, dan guru les. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak tuna rungu yang mendapatkan rasa percaya sejak kecil akan dapat melalui pembentukan tahap perkembangan berikutnya, yaitu pembentukan otonomi, inisiatif, serta produktivitas yang diperoleh dari dukungan keluarga, komunikasi orang tua dengan pihak sekolah, penerimaan dari sekolah modeling, serta adanya dukungan dari teman. Lingkungan yang saling mendukung perkembangan anak tuna rungu, dapat menjadi sumber kepercayaan diri anak tuna rungu dan membuat seorang anak tuna rungu memiliki kesempatan untuk beraktualisasi diri.Hambatan dalam proses pengembangan kepercayaan diri anak tuna rungu ialah adanya penolakan dari lingkungan, perubahan penyesuaian diri, serta kurangnya sikap tanggungjawab yang dimiliki anak tunarungu. Kata kunci: kepercayaandiri, tunarungu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
ID Code: | 52450 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 15 Aug 2017 10:49 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 10:49 |
Repository Staff Only: item control page