PENGARUH FRIENDLY SMART MONOPOLY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Huda, Nurul (2017) PENGARUH FRIENDLY SMART MONOPOLY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
14Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh friendly smart monopoly terhadap kompetensi interpersonal pada anak sekolah dasar.24 anak dari kelas v SD Negeri Gisikdrono 02 dan 04 Semarang menjadi subjek. Desain penelitian menggunakan non-randomized pre test-post test control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelompok eksperimen yang mendapatkan friendly smart monopoly dan kelompok control tidak mendapatkan friendly smart monopoly. Manipulasi dilakukan selama delapan kali dengan kehadiran dua observer di setiap perlakuan. T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan kompetensi interpersonal di kelompok eksperimen sebelum (M=60.00, SD=2.412), sesudah (M=65.33, SD=4.599) t(11)= -3.47, p<.05. Ada perbedaan kompetensi interpersonal pada kelompok eksperimen (M=65.33, SD=4.599) t(22)= -2.683 dan kontrol (M=60.58, SD= 4.055) p<.05 setelah perlakuan. Kata kunci: friendly smart monopoly, kompetensi interpersonal, anak sekolah dasar, nonrandomized pre-test post-test control group design

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
ID Code:52448
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Aug 2017 11:00
Last Modified:10 Aug 2017 11:00

Repository Staff Only: item control page