Total Bakteri Asam Laktat, Nilai pH dan Adhesiveness Susu Bifidus Berbahan Baku Susu dari Peternakan yang Berbeda dengan Penambahan Ekstrak Buah (Total Lactic Acid Bacteria, pH value and Adhesiveness of Bifidus’s Milk from The Differents’s Farm Added by Fruit Extract as)

TISKA, Faradilla Bunga and SUSTIYAH, Ani and -BAARRI, Ahmad Nikmatullah Al- (2014) Total Bakteri Asam Laktat, Nilai pH dan Adhesiveness Susu Bifidus Berbahan Baku Susu dari Peternakan yang Berbeda dengan Penambahan Ekstrak Buah (Total Lactic Acid Bacteria, pH value and Adhesiveness of Bifidus’s Milk from The Differents’s Farm Added by Fruit Extract as). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
871Kb
[img]
Preview
PDF
89Kb
[img]
Preview
PDF
172Kb
[img]
Preview
PDF
232Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

198Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

443Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1935Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas susu bifidus yang berbahan baku susu dari peternakan yang berbeda dengan penambahan ekstrak buah dengan mengamati total Bakteri Asam Laktat (BAL), nilai pH dan adhesiveness (daya lekat) susu bifidus. Penelitian dilaksanakan bulan Desember 2013 - April 2014 di Laboratorium Kimia dan Gizi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu segar, susu Ultra Temperature High (UHT), kultur starter Bifidobacterium longum ATCC-15707, ekstrak buah, alumunium foil, aquades dan medium Man Ragosa and Sharpe (MRS) Broth. Peralatan yang digunakan meliputi autoklaf, inkubator, sentrifuge, mortal, termometer, mikro pipet, micro tube, centrifuge tube 15 ml, timbangan elektrik, alumunium foil, kain penyaring, pH meter elektronik, erlenmeyer, petri film, gelas ukur, gelas beker, serta texture analyzer. Pengolahan data dilakukan dengan mengunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pada bahwa kualitas susu bifidus yang berasal dari peternakan yang berbeda tanpa ekstrak buah berbeda nyata (p<0,05) terhadap penurunan nilai pH tetapi tidak pada pertumbuhan total BAL dan Adhesiveness susu bifidus. Jumlah total BAL pada susu bifidus yang berbahan baku susu segar dari peternakan yang berbeda berada pada kisaran normal yaitu 107 log CFU/ml. Nilai pH susu bifidus dari kedua peternakan masih berada diatas 5 dan daya lekat masih rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas susu bifidus yang berasal dari peternakan yang berbeda berpengaruh terhadap nilai pH tetapi tidak berpengaruh terhadap total BAL serta adhesiveness. Terjadi peningkatan pertumbuhan total BAL, nilai pH, dan adhesiveness setelah diberi ekstrak buah. Penambahan buah berguna untuk menyetarakan kualitas susu bifidus yang berbahan baku susu segar dengan kualitas rendah sehingga menjadi lebih baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52422
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Mar 2017 10:09
Last Modified:14 Mar 2017 10:09

Repository Staff Only: item control page