ANALISIS KESIAPAN MITIGASI NON STRUKTURAL WARGA TERHADAP PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN KAWASAN PERMUKIMAN PADAT PENDUDUK (STUDI KASUS DI RW 16 KELURAHAN KAYU PUTIH, KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR)

AZIZ , HAMAS MUSYADDAD ABDUL (2016) ANALISIS KESIAPAN MITIGASI NON STRUKTURAL WARGA TERHADAP PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN KAWASAN PERMUKIMAN PADAT PENDUDUK (STUDI KASUS DI RW 16 KELURAHAN KAYU PUTIH, KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Salah satu contoh bencana yang sering terjadi di Indonesia khususnya di kota-kota besar di Indonesia adalah kebakaran permukiman padat penduduk. Tidak terkecuali di DKI Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia, kota yang tumbuh di pusat pemerintahan ini tiap tahunnya bertambah jumlah penduduk dan pendatangnya secara signifikan. Salah satu langkah awal untuk mengatasi permasalahan kebakaran di permukiman padat dengan menyiapkan kesiapan warga dalam mengantisipasi sebelum terjadinya kebakaran secara mitigasi non struktural sebagai sarana pencegahan dan penanggulangan kebakaran di permukiman padat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kesiapan mitigasi non struktural warga terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran kawasan permukiman padat penduduk di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Kotamadya Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif pendekatannya kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengambil informan utama sebanyak delapan orang dan informan triangulasi empat orang. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan dan sikap warga mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran dipermukiman padat penduduk semua informan mengetahuinya dengan baik, kondisi lingkungan di RW 16 Kelurahan Kayu Putih termasuk permukiman padat penduduk dan kumuh sehingga tergolong rawan terhadap potensi bahaya kebakaran, Pelaksanaan sosialisasi SKKL baru sebatas himbauan, diklat Balakar sudah pernah ada namun tidak ada pengulangan materi, Anggaran dana untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran di permukiman penduduk sangat diperlukan namun belum dapat dirasakan warga dan saat ini lebih baik dialokasikan untuk pengadaan alat alat pemadam kebakaran, Mengenai peran serta Balakar perannya masih belum terlihat nyata, Semua informan utama pernah mengingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran pada keluarganya, dan belum ada bentuk pengawasan secara langsung dari RT/RW/Kelurahan mengenai kebakaran. Faktor – faktor yang mendukung kesiapan mitigasi non struktural warga terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran kawasan permukiman padat penduduk di Kelurahan Kayu Putih masih perlu di evaluasi agar kejadian kebakaran dipermukiman padat penduduk dapat dihindari. Kata Kunci: bencana, mitigasi non struktural, warga, permukiman padat, kebakaran

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52407
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Mar 2017 13:13
Last Modified:13 Mar 2017 13:13

Repository Staff Only: item control page