HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU PRIMIPARA (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEBED KABUPATEN PEMALANG)

LARASATI, TIAS (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU PRIMIPARA (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEBED KABUPATEN PEMALANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif sejak enam bulan pertama merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan generasi penerus yang sehat, berkualitas serta memperoleh tumbuh kembang yang baik. Ibu yang baru melahirkan bayi pertamanya (primipara) akan mengalami berbagai masalah dalam menyusui, seperti cara meletakan bayi pada payudara, air susu yang tidak keluar dan masalah lainnya yang dapat menggagalkan ibu dalam memberikan ASI nya,sehingga diperlukannya dukungan bagi ibu primipara dalam melakukan praktik ASI. Dari semua dukungan, dukungan suami merupakan dukungan yang paling berarti bagi ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan suami dengan praktik pemberian ASI eksklusif ibu primipara di Wilayah Kerja Puskesmas Jebed Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasangan suami istri yang baru pertama kali memiliki anak berusia 0-6 bulan dengan jumlah 46 pasangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara proporsional random sampling. Analisis data menggunakan uji Chi Square.Hasil penelitian menunjukan praktik ASI ekslusif pada ibu primipara sebesar 34,8%. Analisis statistik menunjukan dukungan suami berhubungan secara signifikan dengan praktik pemberian ASI eksklusif pada ibu primipara diantaranya dukungan emosional (p=0,001), dukungan informasional (p=0,001), dukungan penilaian (p=0,001), dukungan instrumental (p=0,007). Praktik pemberian ASI eksklusif juga dipengaruhi faktor lain seperti dukungan keluarga (p=0,005), dan pola asuh (p=0,016) yang juga berhubungan secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa suami dapat berperan aktif dalam mendukung ibu melakukan praktik ASI eksklusif, dukungan suami merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan keberhasilan praktik ASI eksklusif. Kata Kunci: ASI, ASI Eksklusif, DukunganSuami, IbuPrimipara

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52358
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Mar 2017 09:59
Last Modified:10 Mar 2017 09:59

Repository Staff Only: item control page