Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil dengan Perilaku Ibu dalam Perawatan Masa Nifas (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal)

Khafidzoh, Anisatul (2016) Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil dengan Perilaku Ibu dalam Perawatan Masa Nifas (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Kelas Ibu Hamil bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu, telah dilaksanakan di kabupaten kendal sejak tahun 2010. Progam Kelas Ibu Hamil di kendal sudah di mulai sejak tahun 2010 dan bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu. Kelas Ibu Hamil merupakan kegiatan belajar bersama tentang kesehatan ibu dalam perawatan masa nifas. Kelas untuk di Puskesmas Cepiring dilaksanakan di 15 desa binaanya, namun capaian Kunjungan Nifas (KF3) pada tahun 2014 termasuk ke dalam lima terendah dari Kunjungan Nifas (KF3) di Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan keikutsertaan kelas ibu hamil dengan perilaku ibu dalam perawatan masa nifas di wilayah kerja Puskesmas Cepiring, Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas pada bulan Januari – Maret sejumlah 204 orang dan subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling sejumlah 66 orang. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan α 5%. Hasil penelitian menunjukkan presentase lebih banyak pada pengetahuan ibu dengan kategori kurang (54,5%), sikap ibu dengan kategori baik (68,2%), dan praktik ibu dengan kategori baik (57,6%). Ada hubungan antara keikutsertaan kelas ibu hamil dengan pengetahuan (p=0,002) dan sikap (p=0,013). Tidak ada hubungan antara keikutsertaan kelas ibu hamil dengan praktik ibu dalam perawatan masa nifas (p=0,646). Disimpulkan bahwa keikutsertaan kelas ibu hamil berhubungan dengan pengetahuan dan sikap ibu dalam perawatan masa nifas. Disarankan agar bidan lebih aktif untuk menyarankan ibu mengikuti progam kelas ibu hamil dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat Kata Kunci: kelas ibu hamil, pengetahuan, sikap, praktik dan perawatan masa nifas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52346
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Mar 2017 14:38
Last Modified:09 Mar 2017 14:38

Repository Staff Only: item control page