Pemberian Pakan dan Kualitas Nutrisi Pakan Sapi Friesian Holstein Fase Laktasi di PT. Karya Anugerah Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor

TUBONGKASI, Yosephine Michelle C H and SUTRISNO, Sutrisno (2016) Pemberian Pakan dan Kualitas Nutrisi Pakan Sapi Friesian Holstein Fase Laktasi di PT. Karya Anugerah Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
160Kb
[img]
Preview
PDF
81Kb
[img]
Preview
PDF
180Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

193Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

262Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

538Kb

Abstract

Laporan Tugas Akhir (TA) ditulis berdasarkan serangkaian kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Februari sampai dengan 31 Maret 2016 di PT. Karya Anugerah Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Praktek Kerja Lapangan (PKL) bertujuan untuk mengetahui manajemen pemberian pakan dan melakukan evaluasi kecukupan nutrisi pakan sapi Friesian Holstein fase laktasi di PT. Karya Anugerah Rumpin, Bogor. Manfaat yang diperoleh adalah menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam manajemen pemberian pakan dan produksi susu sapi Friesian Holstein. Materi yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sapi Friesian Holstein fase laktasi sebanyak 17 ekor. Peralatan yang digunakan adalah meteran Rondo dengan ketelitian 0,1 cm untuk mengukur lingkar dada ternak, timbangan pakan dengan ketelitian 1 g untuk menimbang sisa pakan ternak, alat tulis untuk mencatat data dan kamera untuk dokumentasi. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan langsung dengan mengikuti seluruh kegiatan selama berada di perusahaan peternakan dan melakukan wawancara langsung dengan kepala kandang maupun pekerja kandang. Data yang diperoleh meliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi pengukuran bobot badan ternak, jumlah pemberian dan sisa pakan, dan produksi susu setiap hari. Data sekunder diperoleh dengan melihat data yang dimiliki oleh PT. Karya Anugerah Rumpin yang diolah secara deskiriptif dan dibandingkan dengan data yang ada di pustaka, kemudian hasilnya dibahas menurut permasalahan. Hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Karya Anugerah Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor diketahui bahwa manajemen pemberian pakan menggunakan sistem berdasarkan status fisiologis ternak, produksi susu, tingkat konsumsi pakan ternak, dan bobot badan ternak. Konsumsi BK fase early sebesar 0,57 kg, TDN sebesar 0,85 kg, PK sebesar -39,44 g, Ca sebesar 76,2 dan P sebesar 15,59 g. Konsumsi BK fase late sebesar 5,17 kg, TDN sebesar 4,42 kg, PK sebesar 850,39 g, Ca sebesar 89,71 g dan P sebesar 41,98 g. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa manajemen pemberian pakan di PT. Karya Anugerah Rumpin sudah baik. Hasil evaluasi kecukupan nutrisi menunjukkan bahwa kebutuhan ternak sudah tercukupi bahkan melebihi kebutuhan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:52344
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Mar 2017 14:46
Last Modified:10 Mar 2017 09:37

Repository Staff Only: item control page