HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN (KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK) DENGAN STATUS GIZI BAYI DAN BALITA (STUDI PADA TAMAN PENITIPAN ANAK LUSENDRA KOTA SEMARANG TAHUN 2016)

ADANI, VIRNANDA (2016) HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN (KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK) DENGAN STATUS GIZI BAYI DAN BALITA (STUDI PADA TAMAN PENITIPAN ANAK LUSENDRA KOTA SEMARANG TAHUN 2016). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Taman Penitipan Anak Lusendra merupakan salah satu Taman Penitipan Anak di Kota Semarang. Jam inap Taman Penitipan Anak lusendra dimulai dari jam 07.00 hingga 17.00. Berbeda dengan Taman Penitipan Anak lainnya, Taman Penitipan Anak Lusendra memberikan makanan kepada bayi dan balita sebanyak 2x selama bayi dan balita dititipkan.Asupan karbohidrat, protein dan lemak diteliti karena energi membutuhkan karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah besar. Energi akan timbul akibat pembakaran karbohidrat, protein dan lemak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan asupan karbohidrat, protein dan lemakdengan status gizi bayi dan balita di TPA Lusendra Semarang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional melalui pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling bayi dan balita di TPA Lusendra, yaitu 3 bayi dan 14 balita. Analisis data menggunakan Pearson dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan TPA menyumbang asupan karbohidrat sebesar 63% dalam kecukupan sehari, asupan protein menyumbang 60% dalam kecukupan sehari dan asupan lemak menyumbang 53% dalam kecukupan sehari. Ada hubungan asupan karbohidrat di TPA dengan status gizi bayi dan balita (BB/TB) dengan nilai p=0,014. Tidak ada hubungan asupan karbohidrat di TPA dengan status gizi bayi dan balita (BB/U, TB/U).Tidak ada hubungan asupan protein dan lemak di TPA dengan status gizi bayi dan balita (BB/U, TB/U, BB/TB). Tidak ada hubungan asupan karbohidrat total, protein total dan lemak total dengan status gizi bayi dan balita (BB/U, TB/U, BB/TB). Disarankan untuk mengadakan pengukuran status gizi berkala setiap 1 bulan atau 2 bulan sekali. Kata Kunci: Asupan Karbohidratdi TPA, Asupan Protein di TPA, Asupan Lemak di TPA, Status Gizi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52342
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Mar 2017 14:25
Last Modified:09 Mar 2017 14:25

Repository Staff Only: item control page