Pengaruh Penambahan Asam Asetat pada Ransum dengan Level Protein Berbeda terhadap Retensi Kalsium dan Massa Protein Daging pada Ayam Broiler

RADHIYANI, Ummi Amalia and SUTHAMA, Nyoman and MANGISAH, Istna (2016) Pengaruh Penambahan Asam Asetat pada Ransum dengan Level Protein Berbeda terhadap Retensi Kalsium dan Massa Protein Daging pada Ayam Broiler. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

458Kb
[img]
Preview
PDF
194Kb
[img]
Preview
PDF
7Kb
[img]
Preview
PDF
106Kb
[img]
Preview
PDF
161Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

100Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

721Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi pemberian ransum dengan level protein berbeda dan asam asetat broiler. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2014 di kandang TikTok Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah kandang litter untuk total koleksi, Loyang dan plastik untuk menampung ekskreta, tempat ransum dan air minum, timbangan manual. Bahan penyusun ransum berupa bekatul, jagung kuning, tepung ikan, bungkil kedelai, poultry meat meal (PMM), dan premix serta asam asetat. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial 2x3 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah level protein kasar ransum yaitu sebesar 21% (T1) dan 20% (T2). Faktor kedua adalah level asam asetat yaitu tanpa asam asetat (V0), 0,75% (V1) dan 1,5% (V2). Parameter yang diamati adalah asupan protein, massa protein daging, retensi kalsium dan pertambahan bobot badan. Data hasil penelitian dianalisis varians dan dilanjutkan dengan uji wilayah berganda duncan apabila terdapat pengaruh nyata perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pertama yaitu perbedaan level protein pada ransum menunjukkan hasil yang berbeda (P<0,05) terhadap retensi kalsium. Asupan protein, massa protein daging dan pertambahan bobot badan tidak menunjukkan adanya perbedaan (P>0,05) baik oleh level protein ransum secara parsial maupun interaksi dengan asam asetat. Simpulan penelitian adalah pemberian level protein dan asam asetat pada ransum belum mampu memberikan konstribusi terhadap asupan protein, massa protein dan pertambahan bobot badan, tetapi dapat meningkatkan retensi kalsium pada ayam broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52340
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Mar 2017 14:24
Last Modified:09 Mar 2017 14:24

Repository Staff Only: item control page