FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA SISA MAKANAN NARAPIDANA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I SEMARANG TAHUN 2016)

KURNIAWATI, ENI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA SISA MAKANAN NARAPIDANA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I SEMARANG TAHUN 2016). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Narapidana memiliki hak untuk memperoleh pelayanan makanan yang layak. Keberhasilan penyelenggaraan makanan antara lain dikaitkan dengan adanya sisa makanan. Sisa makanan yang lebih dari 25% menunjukkan adanya pemberian makanan yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya sisa makanan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Semarang. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional melalui pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling berjumlah 65 narapidana. Data dikumpulkan dengan wawancara dan penghitungan sisa makanan menggunakan food weighing selama tiga hari tidak berurutan. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh narapidana memiliki banyak sisa makanan (86,2%), sisa makanan paling banyak adalah makanan pokok (46,1%), sayur (53,1%), dan lauk nabati (33,3%). Sisa makanan paling tinggi terjadi pada saat makan pagi yaitu sebesar 45,8%. Narapidana yang menyatakan menu makanan tidak bervariasi 50,8%, penampilan makanan menarik 50,8%, rasa makanan enak 53,8%, dan sebagian besar mengkonsumsi makanan dari luar dua kali seminggu (49,2%). Hasil uji Rank Spearman menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan sisa makanan narapidana umum adalah rasa makanan (p value = 0,044 dan koefisien korelasi (ρ) = -0,251) dan makanan dari luar (p value = 0,001 dan koefisien korelasi (ρ) = 0,602), dan faktor yang tidak berhubungan adalah variasi menu (p value = 0,554) dan penampilan makanan (p value = 0,914). Lembaga pemasyarakatan disarankan mengevaluasi standar porsi makan terutama menu pagi hari, serta tetap meningkatkan cita rasa makanan. Kata Kunci: Penyelenggaraan Makanan, Sisa Makanan, Lembaga Pemasyarakatan, Narapidana

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52335
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Mar 2017 14:01
Last Modified:09 Mar 2017 14:01

Repository Staff Only: item control page