Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Pada Keterpaparan Program Yayasan Setara Dengan Media Video (Studi Kasus Di 2 SD Di Kota Semarang)

Evelyn, Theresia (2016) Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Pada Keterpaparan Program Yayasan Setara Dengan Media Video (Studi Kasus Di 2 SD Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

PPT Seruni di Kota Semarang menangani 93 kasus kekerasan terhadap anak (2015) meliputi 48 kasus kekerasan seksual. Data tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan 75 pengaduan kekerasan terhadap anak pada tahun 2014 meliputi 52% kasus kekerasan seksual. Yayasan Setara Semarang merupakan salah satu yayasan yang peduli terhadap Hak Anak. Dalam pelaksanaannya, Yayasan Setara memberikan program kepada siswa/i dalam bentuk pemutaran video sosialisasi pencegahan kekerasan seksual kepada anak yang dibuat oleh UNICEF bekerjasama dengan Kemenkes RI, yang menceritakan tentang hal-hal yang tidak boleh dan perlu dilakukan seorang anak menanggapi aksi lawan jenis yang lebih tua dari dia. Tujuan penelitian untuk menggambarkan pengetahuan, sikap dan praktik pencegahan kekerasan seksual terhadap anak pada keterpaparan Program Yayasan Setara dengan media video. Jenis penelitian deskriptif. Populasi adalah siswa/i yang telah terpapar program di SDN 03 dan 04 Jomblang. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan responden masih kurang karena konten video sosialisasi belum mengandung contoh konkrit pihak-pihak yang berpotensi memberikan sentuhan buruk, sikap responden dapat ditingkatkan dengan memberikan contoh konkrit aksi-aksi lawan jenis lain yang seharusnya seorang anak hindari serta praktik responden dapat ditingkatkan dengan penambahan contoh tindakan konkrit yang tidak boleh anak lakukan dengan lawan jenis dan contoh konkrit kondisi yang harus diceritakan kepada orang lain yang anak percayai. Disarankan kepada Dinas Pendidikan untuk memasukkan sisipan materi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak ke dalam kurikulum pembelajaran dan kepada Yayasan Setara Semarang untuk melakukan penekanan pada materi-materi yang tidak terkandung dalam video saat sosialisasi dan mempertimbangkan untuk mengembangkan metode program. Kata Kunci: kekerasan seksual terhadap anak, praktik, sikap, pengetahuan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52312
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Mar 2017 15:15
Last Modified:08 Mar 2017 15:15

Repository Staff Only: item control page