Penerapan Teknologi Pengolahan Pakan Segar dan Pakan Kering terhadap Konsumsi Pakan, Kecernaan Bahan Kering dan Kecernaan Bahan Organik pada Kambing Jawarandu

SARI, Vima Meisya Fristika and PUJANINGSIH, Retno Iswarin and TAMPOEBOLON, Baginda Iskandar Moeda (2017) Penerapan Teknologi Pengolahan Pakan Segar dan Pakan Kering terhadap Konsumsi Pakan, Kecernaan Bahan Kering dan Kecernaan Bahan Organik pada Kambing Jawarandu. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
434Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
147Kb
[img]
Preview
PDF
268Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

238Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

606Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1270Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi dan mengkaji pengaruh pakan dalam bentuk segar dan kering terhadap konsumsi pakan, kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan organik pada kambing Jawarandu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2016di desa Cepoko Kuning, Batang, Jawa Tengah serta tahap analisis sampel dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kambing Jawarandu betina umur 1,5 tahun sebanyak 16 ekor dengan bobot badan rata-rata 39,22 ± 5,70 kg. Bahan pakan yang digunakan adalah rumput gajah (15%), ampas tahu (28%), kulit singkong (37%), bekatul (19%) dan premix (1%).Perlakuan meliputi : T 1 = pemberian pakan dalam bentuk segar ; T = pemberian pakan dalam bentuk kering. Parameter yang diamati yaitu konsumsi, kecernaan bahan kering (KcBK) dan kecernaan bahan organik (KcBO). Data yang diperoleh ditabulasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic uji banding yaitu uji-t (t-Test Independent Sample) dengan 2 perlakuan 8 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh nyata (P<0,05) perlakuan pakan terhadap konsumsi pakan, kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan organik. Rataan konsumsi BK pada T 1 dan T 2 berturut-turut adalah sebesar 1,04 kg dan 1,57 kg. Rataan kecernaan bahan kering (KcBK) pada T 2 1 dan T masingmasing sebesar 54,92% dan 70,17%, sedangkan rataan kecernaan bahan organik (KcBO) masing-masing sebesar 63,92 % dan 76,81%. Simpulan yang diperoleh bahwa pengolahan pakan kering dapat meningkatkan konsumsi pakan, kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan organik pada kambing Jawarandu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52307
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Mar 2017 09:14
Last Modified:09 Mar 2017 09:14

Repository Staff Only: item control page