NDARI, WIWI WULAN (2016) HUBUNGAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAN KUALITAS PELAYANAN KB DENGAN LEVEL KEPUASAN AKSEPTOR KB IMPLAN DI PUSKESMAS PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG TRIWULAN I TAHUN 2016. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 45Kb |
Abstract
Rendahnya tingkat kemandirian KB dan penurunan kualitas pelayanan KB yang bersumber dari Puskesmas merupakan salah satu permasalahan Keluarga Berencana. Puskesmas Pudak Payung merupakan salah satu dari 37 puskesmas di Kota Semarang dengan pemakaian KB implan yang rendah sebesar 161(3,15%) akseptor KB implan pada tahun 2015. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan tingkat kemandirian dan kualitas pelayananKB dengan level kepuasan akseptor KB implan di Puskesmas Pudak Payung Kota Semarang triwulan I tahun 2016. Jenis penelitian explanatory research dengan desain penelitan cross sectional study. Populasi berjumlah 161 akseptor KB implan dengan teknik sampling proporsional simple random sampling didapatkan sampel 61 akseptor KB implan yang terdiri dari 46 responden di Kelurahan Pudak Payung dan 15 responden di kelurahan Gedawang. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat deskriptif dan analisis bivariat analitik menggunakan uji statistik rank spearman dengan signifikansi (α= 5%). Hasil analisis menunjukan persentase terbesar tingkat kemandirian KB pada kelompok mandiri penuh (45,9%) dan kualitas pelayanan KB pada kelompok berkualitas (73,8%) dan level kepuasan akseptor KB implan pada kelompok puas (45,9%). Hasil analisis menunjukan bahwa persentase terbesar tingkat kemandirian KB pada kelompok mandiri penuh terdapat pada level kepuasan puas (71,4%) dan kualitas pelayanan KB pada kelompok kurang berkualitas terdapat pada level kepuasan kurang puas (100%).Hasil analisis menunjukan bahwa ada hubungan bermakana tingkat kemandirian KB (p value = 0,031; 95% CI = 0,009-0,541) dan kualitas pelayanan KB (p value= 0,001; 95% CI= 0,255-0,645) dengan level kepuasan akseptor KB implan. Disarankan kepada Puskesmas Pudak Payung untuk meningkatkan kemandirian KB dan kualitas pelayanan KB kepada calon dan akseptor KB implan dengan kegiatan KIE. Metode pada kegiatan ini adalah penyuluhan, simulasi, dan komunikasi interpersonal. Kata Kunci: level kepuasan akseptor KB implan, kualitas pelayanan KB, tingkat kemandirian KB
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 52293 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 Mar 2017 13:22 |
Last Modified: | 08 Mar 2017 14:53 |
Repository Staff Only: item control page