PENGARUH PEMBERIAN JUS JERUK MANIS (Citrus sinensis) TERHADAP INDEKS KELELAHAN OTOT ANAEROB ATLET SEPAK BOLA DI GENDUT DONY TRAINING CAMP (GDTC)

Kusumastuti, Evi and Widyastuti, Nurmasari (2016) PENGARUH PEMBERIAN JUS JERUK MANIS (Citrus sinensis) TERHADAP INDEKS KELELAHAN OTOT ANAEROB ATLET SEPAK BOLA DI GENDUT DONY TRAINING CAMP (GDTC). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
585Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar belakang : Kelelahan otot anaerob terjadi karena aktivitas atau intensitas tinggi yang membutuhkan energi cepat dalam waktu yang singkat. Produk sampingan berupa asam laktat yang apabila terakumulasi dapat menghambat kontraksi otot. Pemberian karbohidrat sebesar 30-60 gram/jam mampu untuk mempertahankan level glukosa dan dapat menjaga tingkat pembakaran karbohidrat di dalam tubuh sehingga terjadinya kelelahan dihambat hingga 30-60 menit. Buah jeruk mengandung karbohidrat sebagai sumber energi dan kalium untuk keseimbangan cairan dan elektrolit. Kombinasi zat gizi pada buah jeruk berpotensi untuk mengurangi kelelahan otot. Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian jus jeruk manis untuk mengurangi kelelahan otot anaerob pada atlet sepak bola. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan rancangan post test only with control group design. Jumlah subjek 21 atlet sepak bola usia 15-18 tahun di Gendut Dony Training Camp yang dibagi secara acak menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Subjek penelitian menerima intervensi pemberian jus jeruk manis dan placebo sebanyak 300 ml yang diberikan 30 menit sebelum tes. Kelelahan otot anaerob pada atlet sepak bola diukur dengan menggunakan RAST (Running-based Anaerobic Sprint Test) dengan menghitung nilai AF (Anaeroic Fatigue). Data dianalisis menggunakan uji Independent Sampel T-tes. Hasil : Antara dua kelompok subyek tidak ada perbedaan yang bermakna antara umur, berat badan, tinggi badan, IMT, dan rerata asupan makan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Rerata nilai indeks kelelahan otot anaerob kelompok perlakuan adalah 6,72±3,02 dan kelompok kontrol adalah 11,17±1,92. Simpulan : Pemberian jus jeruk manis 30 menit sebelum olahraga secara bermakna dapat mencegah kelelahan otot pada fase anaerob.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:jus jeruk manis, kelelahan otot anaerob, RAST
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:52285
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:08 Mar 2017 10:28
Last Modified:08 Mar 2017 10:28

Repository Staff Only: item control page