PENGARUH PEMBERIAN JUS JERUK MANIS (Citrus sinensis) TERHADAP NILAI VO2MAX ATLET SEPAK BOLA DI GENDUT DONY TRAINING CAMP (GDTC) SALATIGA

Andani, Sofia Arum and Widyastuti, Nurmasari (2016) PENGARUH PEMBERIAN JUS JERUK MANIS (Citrus sinensis) TERHADAP NILAI VO2MAX ATLET SEPAK BOLA DI GENDUT DONY TRAINING CAMP (GDTC) SALATIGA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
767Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar belakang : Daya tahan adalah kemampuan kondisi tubuh untuk melakukan aktivitas atau kerja dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan. Berdasarkan penggunaan sistem energi, ketahanan dibedakan menjadi ketahanan aerob dan anaerob. Pengukuran ketahanan aerobik dilakukan dengan cara mengukur volume oksigen maksimal (VO2max). Daya tahan aerobik didukung dengan ketersediaan karbohidrat dan lemak. Pemberian karbohidrat sebesar 30-60 gram/jam dapat mempertahankan level glukosa dan menjaga tingkat pembakaran karbohidrat di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan ketahanan sekitar 30-60 menit. Kandungan karbohidrat pada 300 ml jus jeruk manis sebesar 54,9 gram yang dapat digunakan untuk meningkatan daya tahan atlet. Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian jus jus jeruk manis terhadap nilai VO2max pada atlet sepak bola. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan post test only with controlled group design. Jumlah subjek penelitian adalah 21 atlet sepak bola yang memenuhi kriteria inklusi di Gendut Dony Training Camp (GDTC) Salatiga . Subjek penelitian menerima intervensi pemberian 300 ml jus jeruk manis dan 300 ml placebo 30 menit sebelum dilakukan tes. Nilai VO2max diukur menggunakan tes lari 15 menit Balke. Data nilai VO2max dianalisis menggunakan uji Independet Sampel T-tes. Hasil : Karakteristik subjek meliputi umur, berat badan, tinggi badan, IMT, serta total energi dan karbohidrat pada kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan (p>0,05) sehingga subjek dikatakan homogen. Terdapat perbedaan rerata nilai VO2max yang signifikan antara kelompok perlakuan (43,67±2,26) dengan kelompok kontrol (39,33±4,39). Simpulan : Pemberian jus jeruk manis 30 menit sebelum olahraga berpengaruh secara bermakna untuk meningkatkan nilai VO2max.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:jus jeruk manis, VO2max, tes lari 15 menit Balke
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:52283
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Mar 2017 10:26
Last Modified:08 Mar 2017 10:26

Repository Staff Only: item control page