GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG SADARI DAN PRAKTIK PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI(Studi pada mahasiswa bagian Epidemiologi semester 7 tahun 2016 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang)

WARDHANI, ANUGRAH DIAN (2017) GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG SADARI DAN PRAKTIK PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI(Studi pada mahasiswa bagian Epidemiologi semester 7 tahun 2016 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti ingin mengetahui praktik pemeriksaan SADARI sesuai dengan pengetahuannya dan bertujuan untuk menggambarkan tingkat pengetahuan pada remaja putri tentang SADARI dan praktik pemeriksaan payudara sendiri pada remaja putri. Unit analisis dalam penelitian ini adalah mahasiswi peminatan epidemiologi semester 7 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, yang berjumlah 65 mahasiswi. Oleh karena populasi berada di bawah 100 orang, maka ditetapkan keseluruhan populasi diambil sebagai sampel, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Namun dalam pelaksanaannya jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 52 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan tentang SADARI tergolong menengah ke atas, yaitu dengan rata-rata sebesar 68,46 persen berada pada kategori tingkat pengetahuan tentang SADARI yang cukup tahu dan sebagian besar responden memiliki intensitas pelaksanaan pemeriksaan payudara yang tergolong menengah ke atas, dengan rata-rata sebesar 51,28 persen berada pada kategori sering melakukan praktik pemeriksaan payudara secara sendiri. Kata Kunci: SADARI, praktik pemeriksaan payudara sendiri

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:52282
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Mar 2017 10:21
Last Modified:08 Mar 2017 10:21

Repository Staff Only: item control page