PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG LABU KUNING (Cucurbita moschata) DAN TEPUNG MOCAF TERHADAP SERAT PANGAN, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, DAN TOTAL ENERGI PADA FLAKES “KUMO”

Anindya, Ardhanareswari Dhiyas and Rustanti, Ninik (2016) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG LABU KUNING (Cucurbita moschata) DAN TEPUNG MOCAF TERHADAP SERAT PANGAN, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, DAN TOTAL ENERGI PADA FLAKES “KUMO”. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
666Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar Belakang : Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah hiperlipidemia adalah dengan asupan makanan yang mengandung serat pangan dan aktivitas antioksidan. Tujuan : Mengetahui kandungan serat pangan, aktivitas antioksidan dan total kalori pada flakes tepung labu kuning dan tepung mocaf (KUMO). Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 1 faktor yaitu kadar labu kuning (0%,15%,30%,dan 50%) dan tepung mocaf sehingga diformulasikan menjadi L0M90,L15M75,L30M60 dan L50M40. Kadar serat diuji menggunakan metode multienzim, aktivitas antioksidan diuji menggunakan DPPH, dan total kalori menggunakan Bomb Calorimeter. Analisis statistik yang digunakan yaitu dengan One Way Anova. Hasil : Ada peningkatan bermakna pada serat pangan dan aktivitas antioksidan flakes yang disubsitusi labu kuning. Serat pangan dan aktivitas antioksidan tertinggi ada pada jenis L50M40 sebesar 8,35% dan 26,63%. Total kalori yang dihasilkan dari flakes KUMO berkisar 28,01-32,6 kkal/100 g. Simpulan : Flakes terbaik yang direkomendasikan yaitu flakes dengan jenis L50M40.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tepung labu kuning, tepung mocaf, serat pangan, aktivitas antioksidan,total kalori
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:52210
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Mar 2017 13:58
Last Modified:03 Mar 2017 13:58

Repository Staff Only: item control page