IMPLEMENTASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM DOKUMENTASI PERTANAHAN GUNA MEMENUHI ASAS TERBUKA DALAM PENDAFTARAN TANAH (Studi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah di Kantor Pertanahan Kota Semarang)

I GEDE , ARYA DIPUTRA (2012) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM DOKUMENTASI PERTANAHAN GUNA MEMENUHI ASAS TERBUKA DALAM PENDAFTARAN TANAH (Studi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah di Kantor Pertanahan Kota Semarang). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
62Kb

Abstract

Dalam era informasi saat ini peranan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi semakin strategis dan mulai menguasai tata kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun organisasi. Pelaksanaan pendaftaran tanah dengan menggunakan teknologi informasi merupakan sesuatu yang mutlak harus dilakukan. Hal ini berkaitan dengan karakteristik data pertanahan itu sendiri yang bersifat multidimensi yang terkait dengan masalah ekonomi, politik, pertahanan dan keamaman, serta sosial budaya. Tujuan penelitian yang dibahas adalah ini adalah mengetahui implementasi, hambatan-hambatan serta upaya-upaya mengatasi hambatan-hambatan penggunaan teknologi digital dalam dokumentasi pertanahan guna memenuhi asas terbuka dalam pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan Kota Semarang Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode yuridis empiris dengan sumber data primer diperoleh dari penelitian langsung dilapangan sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari keperpustakaan dengan menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder kemudian data yang diperoleh di analisa secara kualitatif guna menjawab permasalahan dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kantor Pertanahan Kota Semarang telah menggunakan dan menerapkan teknologi digital dalam dokumentasi pertanahan. (2) Hambatan-hambatan yang muncul dalam implementasi teknologi digital dalam dokumentasi pertanahan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. (3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut telah dilakukan untuk dapat melayani masyarakat dalam hal informasi pertanahan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Teknologi Digital, Dokumentasi Pertanahan, Pendaftaran Tanah.
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52204
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:03 Mar 2017 13:42
Last Modified:03 Mar 2017 13:42

Repository Staff Only: item control page