KEDUDUKAN ISTRI SEBAGAI SENTANA RAJEG DAN SUAMI SEBAGAI PREDANA ATAS HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN NYEBURIN (Studi Kasus di Kabupaten Badung, Provinsi Bali)

I GEDE , ANOM WIDHI RAWISTA (2012) KEDUDUKAN ISTRI SEBAGAI SENTANA RAJEG DAN SUAMI SEBAGAI PREDANA ATAS HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN NYEBURIN (Studi Kasus di Kabupaten Badung, Provinsi Bali). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
320Kb

Abstract

Peraturan-peraturan adat yang ada di dalam masyarakat adat bali sedikit demi sedikit telah mengalami perubahan seiring dengan semakin berkembangnya pola pikir manusia itu sendiri , untuk itu penulis ingin meneliti tentang perubahan yang terjadi dalam hukum adat bali. Rumusan masalah yang diangkat dalam karya ilmiah ini yaitu bagaimanakah kedudukan istri sebagi sentana rajeg atas harta bersama dalam perkawinan nyeburin serta bagaimana kedudukan suami sebagai predana atas harta bersama dalam perkawinan nyeburin di kabupaten badung propinsi bali. Tujuan yang ingin dicapai dalam karya ilmiah ini yaitu untuk mengetahui perubahan-perubahan apa yang telah terjadi dalam hukum adat bali khususnya dalam hal perkawinan. Untuk mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang ingin dicapai serta dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, maka diperlukan suatu metode penelitian yang digunakan yuridis empiris. karena dalam penyusunan karya ilmiah ini secara umum memerlukan data lapangan. Setelah dilakukannya penelitian sesuai dengan rumusan masalah dalam karya ilmiah ini maka dapat disimpulkan bahwa pada awalnya peraturan adat bali mengenai kedudukan istri terhadap harta perkawinan sangat timpang atau tidak adil. Dimana istri berada pada posisi yang tidak menguntungkan , namun dengan semakin berkembangnya pola pikir masyarakat dan melihat dari segi ekonomi maka aturan-aturan tersebut mulai mengalami perubahan dan menjadikan istri pada tingkatan yang sama dengan seorang suami. Dengan demikian sekarang ini hukum adat bali telah mengalami perubahan dengan memperhatikan juga hak dan kewajiban seorang istri.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:suami, istri, harta bersama dan perkawinan nyeburin
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52202
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:03 Mar 2017 13:39
Last Modified:03 Mar 2017 13:39

Repository Staff Only: item control page