ANALISIS YURIDIS PENYEBAB TIMBULNYA SERTIPIKAT GANDA ATAS SATU BIDANG TANAH DI KABUPATEN PONTIANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Mempawah Nomor : 52/PDT.G/2000/PN.MPW)

Dame , Artauli Simorangkir (2012) ANALISIS YURIDIS PENYEBAB TIMBULNYA SERTIPIKAT GANDA ATAS SATU BIDANG TANAH DI KABUPATEN PONTIANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Mempawah Nomor : 52/PDT.G/2000/PN.MPW). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
357Kb

Abstract

Sertipikat Ganda adalah sertipikat yang menguraikan satu bidang tanah yang sama, dengan demikian satu bidang tanah diuraikan dalam 2 (dua) sertipikat atau lebih yang berlainan datanya . Sertipikat ganda sering terjadi karena Kantor Pertanahan belum memiliki peta dasar, adanya itikad tidak baik dari pemilik tanah karena letak tanah yang ditunjukkan pada waktu pengukuran berbeda dengan alas hak yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara sertipikat ganda atas satu bidang tanah, dalam Putusan Pengadilan Negeri Mempawah tanggal 19 April 2001 Nomor : 52/PDT.G/2000/PN.MPW, 2) untuk mengetahui faktor- faktor penyebab timbulnya sertipikat ganda atas satu bidang tanah, 3) untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Kantor Pertanahan Kabupaten Pontianak untuk mencegah timbulnya sertipikat ganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara Yuridis Normatif, yakni penelitian hukum yang didasarkan pada penelitian kepustakaan atau penelitian data sekunder untuk memahami bahan-bahan hukum yang mencakup asas-asas hukum, kaidah-kaidah hukum, peraturan perundang-undangan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) yang menjadi pertimbangan hakim adalah mengenai letak tanah yang terdapat dalam alas hak dengan yang ditunjukkan oleh pemohon berbeda sehingga terjadi tumpang tindih, 2) faktor penyebab diterbitkannya sertipikat ganda oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pontianak adalah karena tidak telitinya pada waktu pengukuran mengenai letak tanah dengan alas hak yang digunakan dalam permohonan sertipikat, 3) upaya yang dilakukan Kantor Pertanahan untuk mencegah sertipikat ganda adalah menyediakan peta dasar atas tanah baik yang sudah bersertipikat maupun yang belum bersertipikat. Untuk menghindari terjadinya sertipikat ganda, perlu ditingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengawai Kantor Pertanahan dan peningkatan kedisplinan petugas yang melakukan pengukuran sebab hasil dari pengukuran tersebut adalah merupakan hal yang sangat penting untuk penerbitan sertipikat. Di samping itu perlu tersedianya peralatan yang lebih canggih seperti GPS (Global Positioning System) terutama yang dibutuhkan untuk pengukuran di lapangan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Sertipikat Ganda, Penyebabnya, Upaya Pencegahannya, double certificate, the cause of double certificate, the efforts to prevent double certificate.
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52159
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:02 Mar 2017 14:54
Last Modified:02 Mar 2017 14:54

Repository Staff Only: item control page