AKIBAT HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA TERHADAP AKTA JAMINAN FIDUSIA YANG TIDAK DIDAFTARKAN KE KANTOR PENDAFTARAN FIDUSIA JIKA DEBITOR WANPRESTASI (Studi Kasus Di PD BPR Bank Salatiga Di Kota Salatiga)

Bety , Kristiyani (2012) AKIBAT HUKUM BAGI PENERIMA FIDUSIA TERHADAP AKTA JAMINAN FIDUSIA YANG TIDAK DIDAFTARKAN KE KANTOR PENDAFTARAN FIDUSIA JIKA DEBITOR WANPRESTASI (Studi Kasus Di PD BPR Bank Salatiga Di Kota Salatiga). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
593Kb

Abstract

Berdasarkan Pasal 14 ayat (3) Undang-Undang Fidusia bahwa jaminan fidusia lahir pada tanggal yang sama dengan tanggal dicatatnya Jaminan Fidusia dalam Buku Daftar Fidusia. Dengan melihat rumusan Pasal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa jaminan fidusia lahir setelah didaftarkan ke dalam buku daftar fidusia. Dengan lahirnya Jaminan fidusia, maka Pasal-Pasal yang terdapat pada Undang-Undang Fidusia akan berlaku terhadap jaminan tersebut. Apabila jaminan fidusia tidak didaftarkan, maka hal itu akan merugikan pihak penerima fidusia dan merupakan pelanggaran terhadap Pasal 35 Undang-Undang Fidusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit dengan akta jaminan fidusia di PD. BPR Bank Salatiga dan akibat hukum bagi penerima fidusia terhadap akta jaminan fidusia yang tidak didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia apabila debitor wanprestasi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, dengan data yang dipergunakan adalah data primer, serta data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang penarikan kesimpulannya secara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Pelaksanaan perjanjian kredit dengan akta jaminan fidusia di PD. BPR Bank Salatiga tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, karena dilakukan dengan akta dibawah tangan dan pemberian kuasa untuk penandatanganan perjanjian di depan notaris hanya merupakan suatu perjanjian utang piutang.; 2) Akibat hukum bagi penerima fidusia terhadap akta jaminan fidusia yang tidak didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia jika debitor wanprestasi adalah kedudukan PD. BPR Bank Salatiga selaku Penerima Fidusia bukan merupakan kreditor preferent namun merupakan kreditor konkuren.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Akibat Hukum, Pendaftaran, Jaminan Fidusia, Due to the Law, Registration, Insurance Fiduciary.
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52154
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:02 Mar 2017 11:51
Last Modified:02 Mar 2017 11:51

Repository Staff Only: item control page