ASAS IKTIKAD BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK (STUDI KASUS: MEREK “NATASHA” ATAS NAMA dr. FREDI SETYAWAN MELAWAN MEREK “NATASHA SKIN CARE” ATAS NAMA THEN GEK TJOE)

Benny , Kurniawan S (2012) ASAS IKTIKAD BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK (STUDI KASUS: MEREK “NATASHA” ATAS NAMA dr. FREDI SETYAWAN MELAWAN MEREK “NATASHA SKIN CARE” ATAS NAMA THEN GEK TJOE). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1565Kb

Abstract

Dalam perkembangan teknologi dan makin ketatnya persaingan dunia usaha yang memicu terjadinya pelanggaran penggunaan merek, Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek dibuat dengan tujuan untuk melindungi pemilik merek yang berhak, melindungi konsumen dari barang-barang tiruan, dan menciptakan iklim pesaingan usaha yang sehat, namun dalam kenyataannya sering terjadi pendaftaran merek dengan meniru merek orang lain atau dengan memanfaatkan kelemahan dari undang-undang yang pada dasarnya hanya mengatur larangan pendaftaran pemakaian merek dan jenis yang sama. Berdasarkan hal tersebut, penulis berusaha untuk memaparkan suatu dasar hukum yang dapat digunakan untuk melindungi pemilik merek dari pemakai merek yang sama dengan pendaftaran jenis/kelas yang berbeda, dengan penerapan asas iktikad tidak baik sebagai salah satu alasan hakim dalam pembatalan pendaftaran merek. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif, yaitu meneliti bahan pustaka yang merupakan bahan sekunder. Data sekunder didukung dengan penelitian terhadap putusan Pengadilan Niaga mengenai penerapan persamaan pada pokoknya dan iktikad tidak baik dalam suatu gugatan pembatalan merek. Hasil Penelitian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pendaftaran merek dengan jenis atau kelas yang berbeda namun mempunyai persamaan pada pokoknya menunjukkan adanya iktikad tidak baik, yang tidak layak memperoleh perlindungan hukum. Untuk mencegah terjadinya pelanggaran merek, maka diperlukan kehati-hatian dan kejelian dalam penerimaan pendaftaran merek, dengan meningkatan keahlian dan memperhatikan unsur absolute grounds atau relative grounds, niat baik/iktikad baik dari pemohon pendaftaran merek, tidak didasari niat untuk mendompleng ketenaran merek yang telah ada.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Iktikad tidak baik, Persamaan pada pokoknya, gugatan pembatalan merek, bad faith, fundamental alikeness, trademark lawsuit (cancellation)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52153
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:02 Mar 2017 11:44
Last Modified:02 Mar 2017 11:44

Repository Staff Only: item control page