PELAKSANAAN KAWIN LARI PADA SUKU WAY KANAN (ADAT PEPADUN) DI KELURAHAN TIUH BALAK PASAR KECAMATAN BARADATU KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG

ARIS , YUSUF M. (2012) PELAKSANAAN KAWIN LARI PADA SUKU WAY KANAN (ADAT PEPADUN) DI KELURAHAN TIUH BALAK PASAR KECAMATAN BARADATU KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
412Kb

Abstract

Kawin lari yang dilakukan oleh laki dan perempuan pada masyarakat Suku Way Kanan merupakan salah satu cara untuk tujuan terlaksananya perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kawin lari dalam masyarakat suku Way Kanan, bagaimanakah perbuatan kawin lari tersebut dilakukan, dan bagaimana penyelesaian adat terhadap perbuatan kawin lari serta apa akibat hukum dari perbuatan kawin lari tersebut. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Yuridis Empiris dengan wilayah penelitian di Propinsi Lampung. Berdasarkan populasi sampel daerah penelitian adalah Kecamatan Baradatu. Subyek penelitian adalah mereka yang terlibat maupun yang tidak terlibat dalam penyelesaian kawin lari tersebut. Data primer dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan survei lapangan. Berdasarkan analisis kualitatif diketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kawin lari pada masyarakat suku Way Kanan untuk itu keluarga pihak perempuan tidak menyetujui laki-laki pilihan anak perempuannya, karena orang tua telah menjodohkan anak perempuannya dan syarat-syarat pembayaran adat yang besar, laki-laki tersebut tidak berkelakuan baik dimata pihak keluarga perempuan, laki-laki dan perempuan telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum adat dan agama sedangkan cara melakukan kawin lari ada yang dilakukan dengan cara kawin lari bersama berdasarkan persetujuan laki- laki dan perempuan yang melakukan kawin lari dan dengan cara kawin bawa lari atau melarikan perempuan tanpa persetujuan perempuan yang dilarikan. Adapun cara penyelesaian yang ada terhadap perbuatan kawin lari adalah dengan mengirim utusan pihak laki-laki ketempat pihak perempuan untuk bermusyawarah, membayar denda yang diminta oleh pihak perempuan dan kemudian akan diadakan upacara perkawinan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kawin Lari Suku Way Kanan, Elopement Way Kanan
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52145
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:02 Mar 2017 11:16
Last Modified:02 Mar 2017 11:16

Repository Staff Only: item control page