PENYELESAIAN SENGKETA ANTAR NADZIR TANAH WAKAF DI KECAMATAN LARANGAN KOTA TANGERANG BANTEN (STUDI KASUS TANAH WAKAF MASJID AL-FURQON TANGERANG)

ZULFAN , NASHBY (2011) PENYELESAIAN SENGKETA ANTAR NADZIR TANAH WAKAF DI KECAMATAN LARANGAN KOTA TANGERANG BANTEN (STUDI KASUS TANAH WAKAF MASJID AL-FURQON TANGERANG). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
645Kb

Abstract

Peneltian tentang Penyelesaian Sengketa Antar Nadzir Tanah Wakaf bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang bagaimana pengaturan tanah wakaf, hal apa yang menyebabkan terjadinya sengketa antar nadzir serta bagaimana penyelesaian jika terjadi sengketa antar nadzir tanah wakaf yang dalam hal ini terjadi di atas tanah wakaf Nyonya Ramuja yang dipergunakan sebagai sarana ibadah berupa masjid Al-furqan dan sarana pendidikan sosial berupa Taman Kanak-Kanak Al-furqan yang berlokasi dikecamatan Larangan kota Tangerang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris yaitu penelitian ini disamping menggunakan metode-metode ilmu pengetahuan juga melihat kenyataan dilapangan. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu Penelitian berdasarkan peraturan peraturan yang berkaitan dengan wakaf dan data primer yaitu data yang diperoleh dari lapangan. Pada penelitian ini spesifikasi yang dipergunakan adalah deskriptif analitis, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan secara menyeluruh dan sistematis obyek dari pokok permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di atas tanah wakaf Nyonya Ramuja yang berlokasi di Kecamatan Larangan Kota Tangerang Banten, sengketa antar nadzir terjadi disebabkan seiring dengan berkembangnya sarana pendidikan tersebut yang pada akhirnya dirasa memiliki nilai manfaat bila diukur secara ekonomi, hal inilah yang menjadi pemicu persengketaan antara nadzir yang satu dengan yang lainnya sama-sama terlihat ingin menguasai dan mengambil manfaat dari tanah wakaf tersebut. Proses penyelesaian sengketa antar nadzir tanah wakaf masjid dan Taman Kanak-kanak Al-furqan dilakukan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf yang terdapat dalam Pasal 62 Ayat (2) yaitu dengan cara proses mediasi yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Tanah Wakaf, Nadzir, Mediasi
Subjects:K Law > K Law (General)
ID Code:52125
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2017 16:56
Last Modified:01 Mar 2017 16:56

Repository Staff Only: item control page