KENDALA-KENDALA YANG TIMBUL DALAM PROSES SERTIFIKASI TANAH WAKAF YANG BERASAL DARI LETER D/C DESA SUMBEREJO KABUPATEN DEMAK

Sri , Wahyuningsih (2011) KENDALA-KENDALA YANG TIMBUL DALAM PROSES SERTIFIKASI TANAH WAKAF YANG BERASAL DARI LETER D/C DESA SUMBEREJO KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
65Kb

Abstract

Peran Kepala Desa dalam pembuatan sertipikat dari leter D/c Desa sangatlah penting, karena untuk pembuatan sertipikat memerlukan bantuan dari Kepala Desa untuk dibuatkan riwayat tanah, surat keterangan tidak sengketa, kutipan leter C dan lain sebagainya. Kutipan leter C sendiri pendataannya sebelum tahun 1950 an tidak sempurna, sehingga apabila dipergunakan leter C merupakan syarat pokok untuk pengajuan pembuatan sertipikat. Permasalahan yang diangkat adalah: 1. Bagaimana Prosedur Pendaftaran Tanah Wakaf dengan bukti kepemilikan berupa leter D/C Desa; 2. Hambatan-hambatan apasaja untuk memperoleh Sertipikat Wakaf dengan alat bukti berupa Leter D/ C Desa. Dalam penulisan tesis ini metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan secara yuridis empiris, yaitu mengidentifikasikan dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi social yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang mempola Spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis. Perolehan wakaf tanah berdasarkan alat bukti berupa leter D/C Desa untuk proses pembuatan sertipikat memerlukan waktu yang cukup lama, karena data fisik dan data yuridis harus sesuai dengan kenyataan di lapangan, untuk itu pada waktu pengajuan sertipikat wakaf data-datanya harus sesuai dengan aslinya. Agar sertipikat wakaf tidak ada tumpang tindih, sebelum diajukan permohonan di Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf, sebaiknya Nazhir mengajukan permohonan pengukuran di Kantor Pertanahan dengan tujuan apabila tanah tersebut sudah ada sertipikatnya maka gambar Ukur di Pertanahan tidak bias dicetak pada Peta Bidang.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kendala, Tanah Wakaf, Sumberejo di Kabupaten Demak, Constraints, Land Endowments, Sumberejo Demak.
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52117
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2017 16:26
Last Modified:01 Mar 2017 16:26

Repository Staff Only: item control page