Restrukturisasi Utang Dalam Proses Kepailitan (Kajian Terhadap Putusan Pengadilan Niaga Semarang No.02/ PAILIT / 2007 / PN.NIAGA.SMG terhadap CV Sari Pati Idaman)

RATNA , KUSUMADEWI (2011) Restrukturisasi Utang Dalam Proses Kepailitan (Kajian Terhadap Putusan Pengadilan Niaga Semarang No.02/ PAILIT / 2007 / PN.NIAGA.SMG terhadap CV Sari Pati Idaman). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
80Kb

Abstract

Berdasarkan Hukum Kepailitan di Indonesia, suatu CV yang berada dalam keadaan tidak mampu membayar utang-utangnya dapat melakukan restrukturisasi utang CV melalui melalui proses perdamaian. Dari hal yang diuraikan, Penulis tertarik untuk mengkaji restrukturisasi utang dalam kepailitan yang akan diuraikan dalam bentuk tesis yang berjudul :“Restrukturisasi Utang Dalam Proses Kepailitan (Kajian Terhadap Putusan Pengadilan Niaga Semarang No.02/ PAILIT / 2007 / PN.NIAGA.SMG terhadap CV Sari Pati Idaman).“ Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, dapat ditarik suatu perumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana restrukturisasi utang debitor pada proses kepailitan kasus CV Sari Pati Idaman? Bagaimanakah akibat hukum apabila ada kreditor yang mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan pailit? Metode pendekatan yang dipergunakan adalah penelitian hukum normatif. Dalam penulisan tesis ini spesifikasi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat, dapat disimpulkan : Restrukturisasi hutang debitor pada proses kepailitan kasus CV Sari Pati Idaman dilakukan dengan mencari investor yang mau menginvestasikan dananya ke CV Saripati Idaman. Akibat hukum apabila ada kreditor yang mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan pailit, putusan Pengadilan Niaga menjadi belum mempunyai kekuatan hukum yang tetap (einkracht Van Gewijdse ).

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Restrukturisasi hutang, Proses, Kepailitan, Debt Restructuring, Process, Bankruptcy
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52112
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2017 15:55
Last Modified:01 Mar 2017 15:55

Repository Staff Only: item control page