PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH HAK MILIK (ADAT) SECARA SISTEMATIK MELALUI AJUDIKASI (STUDI KASUS DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

NASRUDDIN, NASRUDDIN (2011) PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH HAK MILIK (ADAT) SECARA SISTEMATIK MELALUI AJUDIKASI (STUDI KASUS DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
22Mb

Abstract

Pelaksanaan pendaftaran tanah secara sistematik melalui ajudikasi, sangat membantu bagi para pemilik tanah terutama hak milik (adat), guna mendapatkan kepastian hukum dan kepastian hak, atas tanah-tanah yang dimiliki oleh masyarakat setempat dalam hal ini para pemilik tanah (adat) yang ada diwilayah Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, seperti yang diatur didalam PP No. 24 Tahun 1997 jo Permen Agraria/Kepala BPN No. 3 Tahun 1997. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendaftaran tanah hak milik (adat) secara sistematik melalui ajudikasi serta kasus-kasus apa saja yang terjadi didalam pelaksanaan pendaftaran tanah hak milik (adat) secara sistematik melalui ajudikasi dan yang terakhir adalah bagaimana cara dari ajudikasi untuk menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi didalam pelaksanaan pendaftaran tanah hak milik (adat) secara sistematik tersebut. Mengenai metode penelitian hukum yang digunakan dalam tesis ini adalah metode penelitian Empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu metode pendekatan yang akan mengkaji penerapan norma- norma hukum yang ada didalam pelaksanaannya ditengah-tengah dimasyarakat luas. Sedangkan mengenai hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak terjadi kasus-kasus didalam pelaksanaan pendaftaran tanah hak milik (adat) secara sistematik melalui ajudikasi, hal ini disebabkan karena kekurang telitian dari petugas ajudikasi dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, seperti dalam kasus pengukuran yang menyebabkan terjadinya kasus Over Lap dalam sertipikat, serta kurang proaktifnya masyarakat pemohon dalam mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pendaftaran tanah secara sistematik melalui ajudikasi terutama pada tahap pelaksanaan pengumumannya, sehingga keberatan-kebaratan yang diajukan baik secara lisan maupun tertulis oleh pihak-pihak yang merasa berkepentingan terhadap tanah hak milik (adat) yang diajukan permohonan pendaftarannya oleh pemilik atau yang menguasainya dapat dengan mudah dimentahkan keberatannya oleh panitia ajudikasi, sehingga sertipikat atas nama pemohon harus dikeluarkan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pendaftaran, Hak Milik (Adat), Ajudikas, Registration, Property Rights (Customs), Adjudication.
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52107
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2017 14:33
Last Modified:01 Mar 2017 14:33

Repository Staff Only: item control page