Kadar Gula Pereduksi dan Total Asam Silase Complete Feed Berbahan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) yang Diperam dalam Berbagai Jenis Silo

HASYIM, Muhammad and WIDIYANTO, Widiyanto and MUKTIANI, Anis (2016) Kadar Gula Pereduksi dan Total Asam Silase Complete Feed Berbahan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) yang Diperam dalam Berbagai Jenis Silo. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
1036Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
269Kb
[img]
Preview
PDF
407Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

160Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

427Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1526Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kualitas silase complete feed eceng gondok yang diperam dengan jenis silo plastik yang berbeda bahan dan ketebalannya. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar dapat memberikan informasi jenis silo yang baik dalam pembuatan silase complete feed eceng gondok. Penelitian dilakukan pada bulan September–Desember 2014 di Laboratorium Teknologi Pakan dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro. Materi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tanaman eceng gondok yang diperoleh dari Rawa Pening, kabupaten Semarang yang dilayukan selama sehari semalam, selanjutnya dicacah dengan chopper, konsentrat dan molasses. Bahan baku konsentrat terdiri dari onggok, dedak padi, bungkil sawit, kulit kopi, bungkil kelapa, bungkil biji kapuk, molasses. Peralatan yang digunakan dalam penelitian adalah chopper, timbangan kapasitas 50 kg ketelitian 1,000 kg, timbangan analitik kapasitas 120 g ketelitian 0,0001g, lakban, kertas label, alat tulis, blender, drum plastik, kantong plastik berwarna hitam, kantong plastik berwarna bening dan seperangkat alat-alat yang dgunakan untuk analisis penentuan kadar gula pereduksi dan total asam. Data yang diperoleh dilakukan analisis sidik ragam atau Analysis of Variance (Anova) dengan uji F untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan silo yang berbeda tidak berpengaruh terhadap kadar gula pereduksi dan total asam. Kadar gula pereduksi hasil penelitian ini berkisar antara 17,9-21,04%, sedangkan total asam berkisar antara 4,41-4,47%. Simpulan penelitian adalah ketiga jenis silo tersebut dapat digunakan dalam pembuatan silase complete feed eceng gondok tanpa mempengaruhi kualitasnya. Saran yang dapat diberikan yaitu penggunaan drum plastik sebagai silo sangat dianjurkan karena tahan lama dalam pemakaian waktu jangka panjang, harganya ekonomis dan praktis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52083
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2017 12:38
Last Modified:01 Mar 2017 12:38

Repository Staff Only: item control page