Pemanfaatan Protein dan Kalsium Ransum yang Diberi Aditif Inulin dari Umbi Dahlia dan Lactobacillus sp. pada Ayam Kedu Periode Grower

YOGASWARA, R. Septian and WAHYUNI, Hanny Indrat and SUTHAMA, Nyoman (2016) Pemanfaatan Protein dan Kalsium Ransum yang Diberi Aditif Inulin dari Umbi Dahlia dan Lactobacillus sp. pada Ayam Kedu Periode Grower. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
181Kb
[img]
Preview
PDF
187Kb
[img]
Preview
PDF
113Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

371Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

178Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

438Kb
[img]
Preview
PDF
747Kb

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pengaruh penambahan feed additive kombinasi inulin umbi Dahlia dan Lactobacillus sp. yang diharapkan dapat bersifat sinbiotik dilihat dari massa protein daging pada ayam Kedu. Penelitian dilaksanakan mulai bulan September sampai November 2015 di kandang digesti Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 ekor ayam Kedu betina umur 4 bulan dengan bobot badan rata-rata 1.001,35 ± 56,20 g. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu T1: ransum peternak, T2: ransum perbaikan, T3: Ransum peternak + inulin umbi Dahlia + Lactobacillus sp., T4: Ransum perbaikan + inulin umbi Dahlia + Lactobacillus sp., setiap perlakuan diulang 5 kali. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji beda Duncan apabila terdapat pengaruh nyata. Parameter yang diamati adalah kecernaan protein kasar, retensi kalsium, massa kalsium daging, massa protein daging dan pertambahan bobot badan harian (PBBH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan protein kasar, massa protein daging dan pertambahan bobot badan harian (PBBH), tetapi tidak berpengaruh terhadap retensi kalsium dan massa kalsium daging. Simpulan dari penelitian adalah pemberian feed additive inulin dari umbi Dahlia dan Lacotbacillus sp. dalam ransum peternak lebih efisien dalam peningkatan kecernaan protein, massa protein daging dan pertambahan bobot badan harian, tetapi belum dapat meningkatkan retensi kalsium serta massa kalsium daging pada ayam Kedu periode grower.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:52055
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Feb 2017 14:04
Last Modified:27 Feb 2017 14:04

Repository Staff Only: item control page