PROBLEMATIKA APLIKASI AKAD MUDHARABAH DALAM SISTEM PERBANKAN SYARI’AH DAN PENYELESAIANNYA (STUDI DI BANK BNI SYARI’AH SEMARANG)

Eko , Heri Sulistyo (2011) PROBLEMATIKA APLIKASI AKAD MUDHARABAH DALAM SISTEM PERBANKAN SYARI’AH DAN PENYELESAIANNYA (STUDI DI BANK BNI SYARI’AH SEMARANG). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
521Kb

Abstract

Bank syari'ah sebagai lembaga keuangan baru yang muncul lebih belakangan dari pada bank-bank konvensional di dalam operasionalnya akan menghadapi berbagai problematika yang juga merupakan tantangan tersendiri bagi bank Islam. Dengan demikian, apakah bank-bank syari'ah telah konsisten dalam mendekatkan teori-teori perbankan Islam dengan prakteknya. Terkait dengan itu diangkat dua permasalahan (1) Bagaimana Aplikasi akad mudharabah (2) Bagaimana Problem dan penyelesaiannya yang dihadapi oleh Bank BNI Syari’ah Semarang dalam mengaplikasikan akad mudharabah. Dengan tujuan untuk mengetahui aplikasi akad mudharabah dan memahami problem dan penyelesaiannya yang dihadapi oleh bank BNI Syari’ah Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan masalah dengan yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian menggunakan deskriptis analitis, pengumpulan data dari studi lapangan dan studi kepustakaan, teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif. analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam perbankan syari'ah mudharabah dipisahkan menjadi dua penekanan, yaitu sebagai sebuah sistem dan sebagai sebuah produk. Sebagai sebuah sistem mudharabah menjadi pedoman umum bagi bank dalam melakukan transaksi produknya dan membagi keuntungan dengan para pengguna jasanya clan investornya. Mudharabah dipahami sebagai cara yang tepat pengganti sistem bunga. Sementara mudharabah sebagai sebuah produk diterapkan dalam jenis-jenis pelayanan yang disediakan oleh bank untuk para nasabahnya. Aplikasi akad mudharabah dalam Bank BNI Syari’ah Semarang lebih banyak menerapkan mudharabah mutlaqah, sementara mudharabah muqayyadah porsinya sangat kecil, yaitu menunggu dana dari nasabah (shahib al-maal) yang secara khusus menginvestasikan dananya untuk pembiayaan mudharabah muqayyadah. Problem yang dihadapi oleh Bank BNI Syari’ah Semarang dalam mengaplikasikan akad mudharabah adalah dijumpainya pergeseran-pergeseran seperti penentuan bagi hasil yang tidak bergantung pada kesulitan dan kebutuhan mudharib. Penyelesaian akad mudharabah dalam sistem perbankan syari'ah ditentukan dalam akad yang dipersiapkan oleh bank syari'ah dengan klasula secara rinci dan detail sehingga bank syari'ah bisa menghindar dari resiko jika terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh pihak mudharib atau jika terjadi klaim dari shobil al-maal.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Problematika, Aplikasi Akad Mudharabah, Perbankan Syari’ah,Problematical, Mudharabah Agreement Application, Syari’ah Banking
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52018
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:27 Feb 2017 09:11
Last Modified:27 Feb 2017 09:11

Repository Staff Only: item control page