KAJIAN YURIDIS KETENTUAN PERPAJAKAN MENGENAI PENGGUNAAN NILAI BUKU DALAM PENGGABUNGAN PERSEROAN TERBATAS (Studi Kasus Putusan Pengadilan Pajak Nomor PUT.14730/PP/M.IX/99/2008)

Bastian , Harijanto (2011) KAJIAN YURIDIS KETENTUAN PERPAJAKAN MENGENAI PENGGUNAAN NILAI BUKU DALAM PENGGABUNGAN PERSEROAN TERBATAS (Studi Kasus Putusan Pengadilan Pajak Nomor PUT.14730/PP/M.IX/99/2008). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
366Kb

Abstract

Salah satu langkah yang ditempuh perusahaan guna meningkatkan efisiensi dan sinergi baik dalam pendayagunaan sumber daya alam maupun manusia, adalah dengan melakukan penggabungan usaha atau dikenal dengan istilah merger. Akibat dari penggabungan, berdasarkan ketentuan Undang- Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (untuk selanjutnya disebut “Undang-Undang PT”), maka perusahaan yang menggabungkan diri menjadi berakhir karena hukum tanpa dilakukan likuidasi terlebih dahulu termasuk segala dan/atau setiap aktiva perusahaan yang menggabungkan diri beralih karena hukum. Namun berkaitan dengan hal itu, menurut ketentuan perpajakan yang berlaku, apabila peralihan atas aktiva menggunakan nilai buku, maka perusahaan yang menggabungkan diri wajib dilikuidasi terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui putusan pengadilan pajak mengenai penggunaan nilai buku dalam rangka penggabungan perseroan terbatas dan implementasi ketentuan perpajakan terhadap penggunaan nilai buku dalam rangka penggabungan perseroan terbatas. Adapun metode yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif, dengan penarikan kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Penggunaan nilai buku dalam rangka penggabungan perseroan terbatas Putusan Pengadilan Pajak Nomor PUT.14730/PP/M.IX/99/2008, mengakibatkan Perseroan yang menggabungkan atau meleburkan diri berakhir karena hukum, terjadi tanpa dilakukan likuidasi terlebih dahulu, sehingga aktiva dan pasiva PT. Sinar Plataco, PT. Oborjaya Abadi, PT. Perkasa Mostindo Utama, PT. Menara Kaloka dan PT. Chandra Mulia Permai akan dengan sendirinya beralih demi hukum kepada PT Reckitt Benckiser Indonesia dan PT. Sinar Plataco, PT. Oborjaya Abadi, PT. Perkasa Mostindo Utama, PT. Menara Kaloka dan PT. Chandra Mulia Permai bubar demi hukum tanpa mengadakan likuidasi terlebih dahulu. 2) Implementasi ketentuan perpajakan terhadap penggunaan nilai buku dalam rangka penggabungan perseroan terbatas yang dilakukan tanpa melalui proses likuidasi pada dasarnya terkait dengan telah beralihnya secara hukum seluruh aktiva dan kewajiban (pasiva) dari perusahaan yang digabungkan kepada perusahaan hasil penggabungan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Nilai Buku, Merger, Perseroan Terbatas,book value, merger, limited company
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52010
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:26 Feb 2017 10:17
Last Modified:26 Feb 2017 10:17

Repository Staff Only: item control page