EFEKTIFITAS EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN MELALUI PARATE EKSEKUSI BERDASARKAN PASAL 6 UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH BESERTA BENDA-BENDA YANG BERKAITAN DENGAN TANAH DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SARANA UTAMA MULTIDANA JAKARTA PUSAT

ARI , SUSANTO (2011) EFEKTIFITAS EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN MELALUI PARATE EKSEKUSI BERDASARKAN PASAL 6 UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH BESERTA BENDA-BENDA YANG BERKAITAN DENGAN TANAH DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SARANA UTAMA MULTIDANA JAKARTA PUSAT. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
292Kb

Abstract

Lahirnya dan berlakunya Undang-Undang Hak Tanggungan sangat membantu banyak pihak terutama pihak kreditor dalam pemenuhan hak-haknya. Hal ini karena salah satu ciri Hak Tanggungan sebagai lembaga hak jaminan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Hak Tanggungan adalah mudah dan pasti pelaksanaan eksekusinya. Namun ada perbedaan dalam melaksanakan eksekusi dengan ketentuan yang terdapat dalam Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan yang dapat dilakukan dengan kekuasan sendiri dengan pelaksanaan eksekusi melalui ketentuan dalam Pasal 224HIR/258RBg. Adanya perbedaan tersebut secara tidak langsung merupakan perbedaan prinsip yang cukup jauh yang dapat menimbulkan permasalahan dalam pelaksanaan eksekusi Hak Tangungan, sehingga efektifitas pemakaian Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan untuk eksekusi Hak Tanggungan secara mandiri dapat terhalang sebagaimana yang terjadi di PT. Bank Perkreditan Rakyat Sarana Utama Multidana Jakarta Pusat. Penelitian ini akan membahas tentang pelaksanaan eksekusi Hak Tanggungan berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan di Jakarta Pusat dan efektifitas pelaksanaan eksekusi Hak Tanggungan berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan di Jakarta Pusat. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis empiris, sedangkan data diperoleh ,melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan, Pelaksanaan eksekusi Hak Tanggungan melalui parate eksekusi di PT. Bank Perkreditan Rakyat Sarana Utama Multidana Jakarta Pusat sudah dilakukan sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan, dimana apabila debitor melakukan wanprestasi PT. Bank Perkreditan Rakyat Sarana Utama Multidana selaku kreditor langsung melakukan eksekusi kepada KPKNL tanpa memerlukan fiat/penetapan dari pengadilan. Eksekusi berdasar Pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan dari segi waktu lebih efektif dan menguntungkan para pihak baik kreditor maupun debitor, tetapi dari segi yuridis eksekusi berdasar pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan Nomor 4 Tahun 1996 terkendala dengan Pasal 26 Undang-undang Hak Tanggungan Nomor 4 Tahun 1996.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Burden Right, Parate Execution, Hak Tanggungan,Parate Eksekusi.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:52008
Deposited By:Kenotariatan Hukum Undip
Deposited On:26 Feb 2017 09:55
Last Modified:26 Feb 2017 09:55

Repository Staff Only: item control page