Pengalaman Fanatisme Pada Penggemar Akihabara (AKB) Grup (Sebuah Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologis)

Anggara, Rangga and Kristiana, Ika Febrian (2017) Pengalaman Fanatisme Pada Penggemar Akihabara (AKB) Grup (Sebuah Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologis). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
8Mb

Abstract

Abstrak Menjadi penggemar dari suatu grup adalah salah satu pilihan hidup individu. Salah satu hal yang biasa dilakukan penggemar adalah perilaku fanatisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologis yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman fanatisme pada penggemar salah satu idol group di Jepang, yaitu AKB grup. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Subjek diambil dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik eksplikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki pengalaman fanatisme yang berbeda. Awal dikenalkan AKB grup oleh kakak atau temannya, ketiga subjek memiliki penilaian masing-masing terhadap AKB grup dan evaluasi dilakukan sebelum subjek memutuskan untuk menjadi penggemar AKB grup, setelah itu ketiga subjek mengambil keputusan untuk menjadi penggemar AKB grup. Jumlah anggota AKB grup yang banyak membuat subjek memilih idola yang disukai, ketiga subjek memiliki ketertarikan interpersonal yang berbeda dalam memilih idola favoritnya, perbedaan subjek perempuan dan subjek laki-laki dalam memilih idolanya yaitu subjek perempuan cenderung melihat bagaimana sikap yang dimiliki idolanya, sedangkan subjek laki-laki cenderung memiliki ketertarikan fisik. Pengalaman subjek menjadi penggemar AKB grup mendapatkan berbagai pengaruh dari lingkungan sekitarnya, dimana pengaruh tersebut membuat ketiga subjek mengkonstruk ulang bagaimana menjadi penggemar yang baik. Perubahan dalam mendukung idolanya dirasakan ketiga subjek, hal tersebut didapat saat subjek bertemu dengan berbagai teman sesama penggemar, reaksi lingkungan sekitar, dan kemampuan diri setiap subjek tentang mendukung idolanya. Kata Kunci: Fanatisme; kelompok; AKB Grup Abstract Becoming a fan of one group is one of individual choices. One action conducted by fans is fanaticism behavior. This study is a qualitative one with phenomenologist perspective aimed at finding out about how fanaticism experiences of fans of Japanese’s idol group that is AKB group.subject of this stdy consisted of three people. The subject was taken by means of purposive sampling method. Data collection included interviews. Data analysis technique in this study uses application data technique. The result of the study showed that the three subject studied have different fanaticism experiences. First introduced by their brothers or friend, AKB group receiver different appreciation from the three subjects, and the writer’s evaluation was conducted before the three subjects decided to become AKB group’s fans. A big number of AKB group’s personnel made the subjects choose their own idol, the three subjectshave different interpersonalinterest in deciding which idol they choose, differences of female subject and male subjects in deciding their idol include: a female subject tends to see the behavior of her idol, whereas a male subjects prefers physical appeareance. Experiences in becoming AKB group’s fans is affected by surrounding environment, in which the environment made the three subjects reconstruct them to become a good fan. The three subjects feel changes in supporting their idol, these changes were obtained when they met fellow fans, reaction of surrounding environment, and self capability in supporting their idol Keywords: Fanaticism, Group, AKB’s group.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:51977
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:27 Feb 2017 13:49
Last Modified:15 Aug 2017 10:24

Repository Staff Only: item control page