Pengaruh Penambahan Ramuan Herbal Jahe Merah, Daun Sembung, Daun Katuk dan Kencur (JSK2) terhadap Kualitas Fisik Telur Ayam Petelur

LARASATI, Lolita Inez and ISMADI, Vitus Dwi Yunianto Budi and WAHYONO, Fajar (2016) Pengaruh Penambahan Ramuan Herbal Jahe Merah, Daun Sembung, Daun Katuk dan Kencur (JSK2) terhadap Kualitas Fisik Telur Ayam Petelur. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
206Kb
[img]
Preview
PDF
73Kb
[img]
Preview
PDF
240Kb
[img]
Preview
PDF
94Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

128Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

494Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

951Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh penambahan ramuan herbal Jahe Merah, daun Sembung, daun Katuk dan Kencur (JSK2) dalam ransum terhadap kualitas fisik telur ayam petelur yang dapat dilihat dari indeks Haugh, indeks kuning telur, indeks putih telur, warna kuning telur dan tebal cangkang telur. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan informasi tentang manfaat ramuan herbal JSK2 terhadap kualitas fisik telur ayam petelur. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai dengan 28 April 2016 di CV. Populer Farm, Boja, Kendal. Materi yang digunakan adalah ayam petelur strain Hyline periode layer sebanyak 100 ekor dengan rata-rata bobot badan awal 1,55 ± 0,05 kg. Ransum basal yang diberikan mengandung PK 18,79 %, EM 3.400,17 kkal/kg, SK 6,48 %, LK 6,42%, Abu 8,66% dan Air 13,34%. Perlakuan berupa penambahan ramuan JSK2 dengan level yang berbeda yaitu T0 (ransum basal), T1 (ransum basal + 2% ramuan JSK2), T2 (ransum basal + 4% ramuan JSK2) dan T3 (ransum basal + 6% ramuan JSK2). Sampel telur diambil pada hari ke 43 penelitian, kemudian dianalisis di Laboratorium Kimia Gizi dan Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Data diuji dengan analisis ragam berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan uji F dan apabila hasilnya menunjukkan pengaruh nyata, maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ramuan herbal JSK2 dalam ransum berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap skor warna kuning telur ayam, sedangkan pada indeks putih telur, indeks kuning telur, indeks Haugh dan tebal cangkang telur tidak berpengaruh nyata (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulan bahwa penambahan ramuan herbal JSK2 taraf 2% (T1) dapat meningkatkan skor warna kuning telur, tetapi tidak meningkatkan nilai indeks putih, indeks kuning, indeks Haugh dan tebal cangkang telur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:51949
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2017 15:00
Last Modified:22 Feb 2017 15:00

Repository Staff Only: item control page