Tatalaksana Biosekuriti dalam Pemeliharaan Ayam Pembibit PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Unit Rembang Desa Karang Asem Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah

IZZETA, Ine Nove Deca and MURYANI, Rina (2016) Tatalaksana Biosekuriti dalam Pemeliharaan Ayam Pembibit PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Unit Rembang Desa Karang Asem Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
105Kb
[img]
Preview
PDF
6Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
58Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

495Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

110Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

723Kb

Abstract

Tugas Akhir ditulis berdasarkan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2016 samai 13 Maret 2016 di PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Unit I Rembang Desa Karang Asem Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman yang mengetahui yang didapatkan secara langsung tentang cara pemeliharaan dan mengetahui bagaimana cara melakukan program biosekuriti dengan baik dan benar, serta dapat menerapkan dilingkungan. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu dengan berpartisipasi aktif dan mengikuti segala aktivitas pekerjaan yang ada di PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Unit I Rembang Jawa Tengah. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Data sejunder yang di dapatkan dari catatan yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan hasil praktek kerja lapangan dapat diketahui pemeliharaan ayam pembibit menggunakan jenis kandang tertutup (closed house) dengan strain Cobb, strain cobbmemiliki keunggulan dalam ketahanan terhadap penyakit sehingga produksi telurnya lebih bertahan tidak mudah turun.Populsi ayam keseluruhan kurang lebih 150.000 ekor. Manajeman biosekutiti yang dilakukan di PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Unit I Rembang Jawa Tengah meliputi sanitasi lingkungan, sanitasi kandang, dan sanitasi petugas dan kendaraan dibagi menjadi tiga yaitu area luar (ring I), area kantor (ring II), area dalam (ring III). Tatalaksana biosekuriti yaitu penyemprotan desinfektan pada kendaraan yang masuk kedalam area farm, meletakkan barang bawaan kedalam box ultaviolet, petugas di spray desinfektandan diwajibkan mandi, memakai pakaian yang sudah disediakan, memakai sepatu boot, dipping dengan menggunakan air yang sudah di beri klorin, penyemprotan tangandengan menggunakan alkohol dan mencelupkan kaki pada bak kapur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:51947
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:22 Feb 2017 13:33
Last Modified:22 Feb 2017 13:33

Repository Staff Only: item control page