Gambaran Penggunaan Media dan Pendidikan Literasi Media pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang

Faizal , A.M. and Yekti , I.U. and Dewi, Kartika Sari (2017) Gambaran Penggunaan Media dan Pendidikan Literasi Media pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Seminar Nasional Psikologi dan Media, Unibra Malang.

[img]
Preview
PDF
202Kb

Abstract

Media dapat membuka cakrawala dunia. Namun, media berdampak pada rendahnya kepedulian sosial, polusi informasi, merebaknya kejahatan teknologi, dan tumbuhnya konsumerisme. Anak-anak terlahir dalam screen culture/screen age. Menghindarkan anak dari konsumsi media merupakan hampir tidak mungkin. Selain membutuhkan kontrol saat berinteraksi langsung dengan media, diperlukan pemahaman bagi anak dan orangtua terkait dengan penggunaan media. Studi deskriptif pada 126 anak kelas 4-5 Sekolah Dasar, di Kota Semarang. Sampel dipilih berdasarkan kriteria mengonsumsi media cukup tinggi, berasal dari keluarga menengah atas, dan memiliki akses media pribadi. Media yang sering dikonsumsi anak adalah televisi (26%). Acara yang disukai kartun (22%). Sedangkan jenis tayangan yang dipilih anak di bioskop/VCD/DVD adalah film horor (40%). Pengenal dan pendamping saat mengkonsumsi media bervariasi. Pendidikan literasi media dari orangtua berkisar pada aturan dan larangan. Anak-anak mengkonsumsi media dalam jenis dan frekuensi yang variatif. Anak mengenal media salah satunya karena keingintahuan mereka sendiri. Pendidikan literasi media dari orangtua berupa aturan dan larangan, yang tidak konsisten.

Item Type:Book
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:51918
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2017 10:42
Last Modified:21 Feb 2017 10:42

Repository Staff Only: item control page