SEKOLAH ALAM DI BALI UTARA

Ayu Dana Wulan, I Gusti and Indrosaptono, Djoko and Rochma Harani, Arnis (2017) SEKOLAH ALAM DI BALI UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
676Kb
[img]
Preview
PDF
512Kb
[img]
Preview
PDF
6Mb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2660Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2902Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

881Kb
[img]
Preview
PDF
1310Kb
[img]
Preview
PDF
277Kb
[img]
Preview
PDF
368Kb

Abstract

Pendidikan adalah pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan dan mengasah keterampilan serta mengembangkan potensi-potensi yang sudah dimiliki setiap individu. Pendidikan sangatlah penting sehingga sebaiknya diberikan sejak usia dini untuk menghasilkan individu yang berkualitas. Salah satu cara mendapatkan pendidikan adalah dengan bersekolah. Akan tetapi,mutu pendidikan Indonesia akhir-akhir ini sedang mengalami penurunan dilansir dari data EFA Global Monitoring Report 2012 dimana Indonesia berada di peringkat 69 dari 127 negara. Menyikapi hal tersebut, beberapa tahun terakhir mulai didirikan sarana pendidikan yang mengembangkan konsep belajar berbasis pada alam. Sekolah ini merupakan solusi yang menjawab permasalahan tersebut dimana di sekolah inianak diajak agar lebih tertarikuntuk belajar, mengembangkan potensi dan minat mereka, peka terhadap lingkungan sekitar, serta mengenalakan budaya serta alam dimana anak-anak tinggal. Akan tetapi, jumlah sekolah ini yang masih sedikit dan hanya terdapat di beberapa daerah saja tentunya menjadi kendala. Sekolah Alam di Bali Utara adalah suatu wadah pendidikan bagi anak-anak melalui metode pembelajaran learning by doing yang mana praktek lebih banyak dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajarannya. Sekolah Alam ini mengambil lokasi di wilayah Bali Utara karena berdasarkan keterangan Putu Agus Suradyana, Bupati Buleleng, daerah inimemiliki potensi alam yang bagus untuk dijadikan media pembelajaran namun sayangnya belum tereksplor dengan baik dikarenakan akses menuju lokasi yang sulit. Nantinya sekolah ini tidak hanya dalam sistem pendidikan saja yang berbasis pada alam, melainkan juga dari struktur, material, bahkan hingga aspek kinerjanya memperhatikan lingkungan sekitar dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan sehingga tidak menghasilkan limbah dan mengurangi emisi karbon yang berbahaya bagi lingkungan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:51900
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Feb 2017 08:42
Last Modified:17 Feb 2017 08:42

Repository Staff Only: item control page