GAMBARAN KONSEP DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI OBESITAS DI SMA NEGERI 1 JAKENAN DAN SMA NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI

tri, purnaningsih and Zubaidah, Zubaidah and Elsa, naviati and Nurullya, Rachma (2015) GAMBARAN KONSEP DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI OBESITAS DI SMA NEGERI 1 JAKENAN DAN SMA NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, faculty of medicide.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

910Kb

Abstract

ABSTRAK Tri Purnaningsih “Gambaran Konsep Diri pada Remaja Putri yang Mengalami Obesitas di SMA N 1 Jakenan dan SMA N 1 Juwana, Kabupaten Pati” xv + 69 halaman + 13 lampiran +13 tabel + 2 gambar Masa remaja adalah periode transisi antara masa kanak-kanak ke masa dewasa. Masa dimana remaja mencari identitas diri dan beradaptasi dengan lingkungannya. Remaja putri yang mengalami obesitas tidak hanya akan menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari, akan tetapi juga membawa masalah terhadap kehidupan sosial dan emosi yang cukup berarti pada remaja. Remaja yang mengalami obesitas sering mengalami perasaan minder, intimidasi dan isolasi sosial yang mempengaruhi konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri remaja putri yang mengalami obesitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan desain studi deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 107 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 57% remaja putri mengalami konsep diri positif dan 43% mengalami konsep diri negatif. Pada komponen konsep diri, terdapat remaja yang memiliki citra diri positif sebanyak 57,9%, ideal diri realistis sebanyak 50,5%, harga diri tinggi sebanyak 55,1%, peran yang sesuai sebanyak 58,9%, dan identitas diri yang jelas sebanyak 58,9%. Masih banyak jumlah remaja putri yang memiliki konsep diri negatif. Diharapkan perhatian yang lebih dari pihak sekolah dan para guru, hubungan yang baik dari teman sebaya, dan dukungan sosial dari lingkungan sekitar dapat meningkatkan konsep diri remaja putri yang mengalami obesitas. Kata kunci : remaja putri, obesitas, konsep diri Studi literatur : 50 (2004-2014)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:51813
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:02 Mar 2017 10:24
Last Modified:02 Mar 2017 10:25

Repository Staff Only: item control page