STASIUN KERETA API TAMBUN BEKASI

Ken, Motig Saraswati and Agung, Budi Sardjono and Dhanoe, Iswanto (2017) STASIUN KERETA API TAMBUN BEKASI. Undergraduate thesis, universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
846Kb
[img]
Preview
PDF
288Kb
[img]
Preview
PDF
300Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1389Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1762Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

906Kb
[img]
Preview
PDF
354Kb
[img]
Preview
PDF
266Kb
[img]
Preview
PDF
259Kb

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk yang bermukim dan beraktifitas di Ibu Kota Jakarta terjadi setiap tahunnya. Sebagian besar dari mereka adalah penduduk yang merantau dan bekerja di Jakarta tetapi bermukim di Kota Satelit Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Hanya sedikit prosentase penduduk yang bekerja dan memiliki tempat tinggal di Jakarta. Hal ini menyebabkan mobilitas transportasi tinggi baik dari Kota Satelit Jakarta menuju Kota Jakarta dan sebaliknya yang kemudian menuntut pemenuhan kebutuhan akan jasa transportasi antar kota yang memadai. Pemenuhan kebutuhan akan transportasi dari dan menuju Jakarta sekarang menjadi salah satu perhatian penting pemerintah pusat, terutama pada sektor transportasi massal. Salah satu Kota Satelit yang sedang gencar melakukan perbaikan jasa transportasi massal adalah Bekasi. Dimana pemerintah pusat memiliki proyek untuk memperpanjang jalur Commuter Line (KRL) dari Stasiun Bekasi sampai Stasiun Cikarang. Proyek ini akan membangun tiga stasiun antara Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang. Stasiun yang akan dibangun yaitu Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun dan Stasiun Telaga Murni. Dari ketiga stasiun tersebut yang sebelumnya telah beroperasi menjadi stasiun penumpang adalah Stasiun Tambun, sedangkan dua stasiun lainnya merupakan stasiun baru. Pada awalnya Stasiun Tambun hanya melayani penumpang Kereta Rel Diesel (KRD) menuju Jakarta, Cikampek dan Purwakarta. Nantinya stasiun ini juga akan melayani penumpang Commuter Line (KRL) menuju Jakarta ataupun Cikarang. Sehingga dibutuhkan desain stasiun baru yang dapat mengakomodasi penambahan fungsi yaitu sebagai stasiun singgah kereta Commuter Line pada Stasiun Kereta Api Tambun Bekasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:51748
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2017 09:42
Last Modified:02 Feb 2017 09:42

Repository Staff Only: item control page