TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA

WAHYONO, HADI (1998) TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian deskriptif analitik secar Cross Sectional ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna jasa rawat jalan RS Bethesda Yogyakarta dan hubungannya dengan tingkat kepuasannya. Populasi adalah semua pasien baru. Sampel diambil 62 orang yang kemudian didistribusikan secara proporsional pada seriap jenis klinik dan ditentukan secara acak atau random. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa sebagian besar pengguna jasa rawat jalan di RS Bethesda Yogyakarta yang menjadi responden berumur antara 35-65 tahun (51,61%), berpendidikan menengah (49,67%) dan bekerja pada sector swasta (49,67%). Tindkat social ekonomi sebagain besar pada tingkat menengah (48,39%). Persepsi tentang lama waktu pelayanan sebagian besar menyatakan cepat (79,03%), sedang rentang wktu pelayanan antara 35 – 180 menit. Sebagian besar menyatakan puas (82,25%). Ketidakpuasan yang terjadi paling besar ada pada waktu dan tenaga untuk mendapatkan pelayanan (20,96%) disusul pada komponen penilai pasien terhadap interaksi interpersonal sebanyak 12,30%. Dar analisa statistik menggunakan Chi-square didapatkan hasil bahwa secara statistik ada hubungan antara jenis pekerjaan dan persepsi lama waktu pelayanan dengan tingkat kepuasan penguna jasa rawat jalan di RS Bethesda Yogyakarta. Antar umu,tingkat pendidikan dan tindkat social ekonomi secara statistik tidak ada hubungan dengan tingkat kepuasan. Untuk itu perlu diserahkan perlu adanya peningkatan teknis pemeriksaan fisik oleh para dokter pada ketelitian dan kesungguhan, peningkatan interaksi interpersonal antar dokter dan pasien, informasi tentang jadwal periksa dokter-dokter yang jelas dan konsisten serta perlunya dipikirkan alternatif cara pembayaran seperti JPKM atau sistem asuransi. Untuk selanjutnya peneliti menyarnkan perlu adanya penelitian yang lebih jauh tentang karakteristik penguna jasa raawt jalan RS Bethesda Yogyakarta. Kata Kunci: TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:5174
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2010 14:09
Last Modified:22 Jan 2010 14:09

Repository Staff Only: item control page