Harsono, Harsono and Sediyono, Eko and Agushybana, Farid (2017) Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Puskesmas Untuk Mendukung Evaluasi di Dinas Kesehatan Kota Semarang. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Microsoft Word 13Kb |
Abstract
Universitas Diponegoro Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan 2016 . ABSTRAK Harsono Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Puskesmas Untuk Mendukung Evaluasi di Dinas Kesehatan Kota Semarang xxi + 153 halaman + 28 tabel + 31 gambar + 8 lampiran Dalam rangka untuk mendukung kegiatan evaluasi penilaian kinerja Puskesmas dibutuhkan informasi yang berkualitas. Informasi yang digunakan selama ini bermasalah dalam hal kecepatan, keterlambatan, ketidakakuratan dan aksesibilitas yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi penilaian kinerja Puskesmas untuk mendukung evaluasi di Dinas Kesehatan Kota Semarang. Tahapan dalam pengembangan sistem informasi menggunakan metode FAST (Framework for the Application of System Thinking). Penelitian tentang dampak penggunaan sistem informasi yang baru dilakukan dengan secara kualitatif. Subjek penelitian adalah 18 responden yang terdiri 16 petugas pengelola data kinerja Puskesmas, 1 staf dan Ka Sub Bag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Kesehatan Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dan analisis secara kualitatif dilakukan dengan analisis isi secara kuantitatif dengan rata-rata tertimbang. Hasil pengembangan sistem yang telah dilakukan yaitu berupa software aplikasi sistem informasi penilaian kinerja puskesmas yang telah diujicobakan di beberapa puskesmas dan Sub Bag Perencanaan & Evaluasi Dinas Kesehatan Kota Semarang. Aplikasi sistem informasi yang rancang merupakan sistem informasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan manajemen basis data My SQL. Fiture aplikasi sistem informasi terdiri dari menu bagi petugas di Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Petugas di Puskesmas. Menu bagi petugas di Dinas Kesehatan Kota Semarang meliputi periode, program, template, setting laporan, user puskesmas, nilai puskesmas,nilai puskesmas, rekap puskesmas dan grafik. Adapun menu petugas puskesmas terdiri dari laporan bulanan, laporan tahunan, informasi puskesmas, nilai DKK, rekap puskesmas dan grafik puskesmas. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas informasi dari nilai rata-rata tertimbang pada variabel yang diteliti secara keseluruhan, dimana rata-rata sebelum dikembangkan adalah sebesar 2,92 dan setelah pengembangan sistem 4,91 dengan selisih rata rata tertimbang 1,99. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas informasi yang dihasilkan setelah pengembangan sistem Diperlukan dukungan dan komitmen dari Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui penganggaran dan kebijakan dalam mengimplementasikan sistem informasi penilaian kinerja Puskesmas Kata kunci : Sistem Informasi, Penilaian Kinerja Puskesmas, Kualitas Informasi Kepustakaan: 46 (1997-2015) Diponegoro University Faculty of Public Health Master’s Study Program in Public Health Majoring in Health Management Information System 2016 ABSTRACT Harsono Development of Health Centre Performance Assessment Information System to Support Evaluation at Semarang City Health Office xxi + 153 pages + 28 tables + 31 figures + 8 appendices To support evaluation activities of health centre performance assessment, it requires high-quality information. The current information that is used has some problems like quickness, lateness, inaccurateness, and inaccessibility. The aim of this study was to result information system of health centre performance assessment to support evaluation at Semarang City Health Office (CHO). Information system development used a FAST (Framework for the Application of System Thinking) method. A study of the effects of a new information system was conducted qualitatively. Number of research subjects were 18 respondents consisted of 16 managers of health centre performance data, a staff, and head of planning and evaluating sub department at Semarang CHO. Data were collected by conducting structured interview. Qualitative data were analysed using content analysis whereas quantitative data were analysed using balanced average. The results of system development were a software of information system application of health centre assessment tried out at some health centres and sub department of planning and evaluating. A new information system is the information system with the basis of web using a program language of PHP and data basis management of My SQL. Information system application features consisted of menu for officers at Semarang CHO encompassed period, program, template, report setting, user of health centre, rate of health centre, recapitulation of health centre, and graph. Menu of health centre officers consisted of monthly report, annual report, information of health centre, rate of CHO, recapitulation of health centre, and graph of health centre. The results of descriptive analysis showed that balanced score of all variables significantly increased from 2.92 (old system) to 4.91 (new system) with the difference equal to 1.99. To sum up, there was any significant improvement of resulted information quality after developing the system. Semarang CHO needs to support and have a commitment by allocating budget and making a policy to implement information system of health centre assessment. Keywords : Information System; Health Centre Assessment; Information Quality Bibliography: 46 (1997-2015)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health |
ID Code: | 51672 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 27 Jan 2017 15:10 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 15:10 |
Repository Staff Only: item control page