Kepatuhan Perawat dalam Menerapkan Sasaran Keselamatan Pasien pada Pengurangan Resiko Infeksi dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri di Rumah

Arifianto, Arifianto1 and Arifin, Muhamad Thohar and Widyastuti, Rita Hadi (2017) Kepatuhan Perawat dalam Menerapkan Sasaran Keselamatan Pasien pada Pengurangan Resiko Infeksi dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri di Rumah. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb
[img]
Preview
PDF
4028Kb

Abstract

Infeksi nosokomial dapat menular jika dalam penanganan perawat terhadap pasien tidak steril. Salah satu cara untuk mencegah penularan tersebut adalah dengan memakai alat pelindung diri (sarung tangan dan masker) pada perawat saat memberikan tindakan terhadap pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan perawat dalam menerapkan sasaran keselamatan pasien pada pengurangan resiko infeksi dengan penggunaan alat pelindung diri (sarung tangan dan masker) di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama adalah 5 perawat pelaksana di RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Informan triangulasi sumber adalah kepala ruang dan 2 ketua tim ruang rawat inap Ayub 2. Triangulasi teknik dilakukan melalui observasi pada perawat pelaksana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan cuci tangan perawat di rumah sakit dikarenakan oleh pentingnya melakukan aseptik, tujuan menggunakan aseptik, jenis cairan, lama waktu, tempat cuci tangan dan masih diperlukannya cuci tangan setelah kontak pasien. Pelaksanaan pemakaian sarung tangan di rumah sakit meliputi penggunaan sarung tangan, jenis, fungsi, prosedur memakai dan melepas sarung tangan, tempat melepas dan frekuensi pemakaian sarung tangan. Pelaksanaan pemakaian masker di rumah sakit meliputi penggunaan masker, tujuan penggunaan, prosedur memakai dan melepas masker. Terkait kepatuhan perawat menggunakan APD, diketahui ada beberapa perawat yang tidak patuh memakai sarung tangan dan masker ketika akan memberikan tindakan ke pasien, perawat memakai sarung tangan tidak sesuai dengan ukuran, dan memakai sarung tangan tidak steril. Perawat beranggapan tidak semua tindakan harus memakai sarung tangan dan masker. Hasil tersebut menunjukan bahwa kepatuhan perawat dalam memakai alat pelindung diri termasuk kategori tidak patuh.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Nursing
ID Code:51608
Deposited By:Mr Nurse Diponegoro
Deposited On:24 Jan 2017 09:40
Last Modified:24 Jan 2017 09:40

Repository Staff Only: item control page