PERAN SERTA WANITA PETERNAK PADA USAHA SAPI PERAH DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR UNTUK MENINGKATKAN KONTRIBUSI PENDAPATAN KELUARGA

DALMIYATUN, Tutik and ROESSALI, Wiludjeng and SUMEKAR, Wulan and MARDININGSIH, Dyah (2015) PERAN SERTA WANITA PETERNAK PADA USAHA SAPI PERAH DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR UNTUK MENINGKATKAN KONTRIBUSI PENDAPATAN KELUARGA. In: Seminar Nasional : Agribisnis dan Pengembangan Ekonomi Pedesaan II, 20 Mei 2015, Universitas Trunojoyo Madura.

[img]
Preview
PDF
847Kb

Abstract

Penelitian ini lakukan untuk mengetahui peran serta perempuan pada usaha peternakan sapi perah dan untuk Mengetahui hubungan antara kepemilikan ternak, pendidikan peternak, curahan jam kerja dan lama beternak terhadap kontribusi pendapatan perempuan keluarga peternak. Penelitian dilaksanakan tanggal 26 januari sampai 28 Maret 2015 di Kecamatan Ungaran Timur. Metode penelitian yang digunakan metode survey dengan metode pengambilan sampel lokasi menggunakan metode purposive sampling Besarnya sampel yang diambil adalah 30 responden. Responden adalah tenaga kerja perempuan peternak sapi perah di Ungaran Timur. Variabel yang diamati adalah jumlah kepemilikan ternak, pendidikan peternak, curahan jam kerja, dan lama beternak serta kontribusi pendapatan keluarga peternak. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis kuantitatif dalam bentuk persamaan korelasi. Tenaga kerja perempuan memberikan kontribusi terhadap total curahan jam kerja pada usaha ternak sapi perah yaitu sebesar 42.06% dan sebesar 28,11% setara Rp 542.919,8 terhadap Pendapatan Keluarga. Variabel jumlah kepemilikan ternak dan curahan jam kerja memiliki hubungan sangat nyata terhadap pendapatan kerja perempuan keluarga peternak. Kata kunci: Peranan perempuan; Sapi perah; Pendapatan peternak.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:51572
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jan 2017 11:05
Last Modified:20 Jan 2017 11:05

Repository Staff Only: item control page