ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSENTASE PENDUDUK MISKIN DI JAWA TENGAH DENGAN METODE GEOGRAPHICALLY WEIGHTED PRINCIPAL COMPONENTS ANALYSIS (GWPCA) ADAPTIVE BANDWIDTH

MAS'AD, MAS'AD (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSENTASE PENDUDUK MISKIN DI JAWA TENGAH DENGAN METODE GEOGRAPHICALLY WEIGHTED PRINCIPAL COMPONENTS ANALYSIS (GWPCA) ADAPTIVE BANDWIDTH. Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2219Kb

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu persoalan mendasar yang dihadapi oleh negara-negara berkembang tidak terkecuali Indonesia. Salah satu provinsi yang memiliki persentase kemiskinan tinggi di pulau Jawa adalah Jawa Tengah. Faktor-faktor yang mempengaruhi persentase kemiskinan di kabupaten/kota di Jawa Tengah antara lain: Indeks Pembangunan Manusia, keluarga prasejahtera, kepadatan penduduk, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan Upah Minimum Regional. Variabel yang mempengaruhi persentase kemiskinan merupakan data multivariat yang saling berkorelasi dan memiliki efek spasial. Oleh karena itu Geographically Weighted Principal Components Analysis (GWPCA) Adaptive Bandwidth cocok digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi persentase kemiskinan di kabupaten/kota di Jawa Tengah. GWPCA Adaptive Bandwidth adalah metode analisis multivariat yang digunakan untuk menghilangkan korelasi pada data multivariat yang memiliki efek spasial dengan memperhitungkan ukuran jarak pembobot dan sejauh mana pengaruh suatu lokasi terhadap lokasi lain yang menyesuaikan ukuran variansi pada densitas data. Hasil dari penelitian ini adalah variabel-variabel yang mempengaruhi persentase kemiskinan pada setiap daerah dapat diganti oleh variabel baru yang disebut komponen utama yang mampu menjelaskan 82% variabel asli. Hasil lain terdapat lima kelompok daerah yang mempunyai karakteristik berbeda yang mempengaruhi persentase kemiskinan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51518
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:18 Jan 2017 08:47
Last Modified:18 Jan 2017 08:47

Repository Staff Only: item control page