PEMBENTUKAN MODEL LOG LINIER EMPAT DIMENSI (Studi Kasus : Rata-rata Pengguna Jenis Bahan Bakar Minyak berdasarkan Jenis Kendaraan, Rasio Kompresi dan Kapasitas Mesin)

SARI, JULI SEKAR (2016) PEMBENTUKAN MODEL LOG LINIER EMPAT DIMENSI (Studi Kasus : Rata-rata Pengguna Jenis Bahan Bakar Minyak berdasarkan Jenis Kendaraan, Rasio Kompresi dan Kapasitas Mesin). Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Abstract

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, jumlah penduduk di Indonesia adalah 237 juta, meningkat 15,2% dari jumlah penduduk di tahun 2000. Dengan bertambahnya penduduk Indonesia dari tahun ke tahun, secara otomatis pertumbuhan kendaraan bermotor juga akan mengalami peningkatan. Dampak dari peningkatan jumlah kendaraan bermotor ini sudah pasti berupa konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Banyak faktor dalam menentukan pemilihan BBM. Faktor-faktor tersebut termasuk dalam faktor internal dan eksternal kendaraan. Faktor internal yang dimaksud adalah jenis kendaraan, rasio kompresi mesin, dan kapasitas mesin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antar faktor internal dengan Model log linier. Model log linier digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel respon yang bersifat kategori yang membentuk tabel kontingensi. Pada kasus ini, digunakan Model log linier empat dimensi dengan langkah analisis: menjabarkan model yang mungkin dengan bantuan diagram asosiasi, mencari nilai estimasi frekuensi harapan dari setiap model yang mungkin, menguji Goodnes of Fit setiap model untuk mengetahui model yang signifikan, dan menentukan model terbaik, dalam hal ini dengan melihat nilai AIC terkecil. Dari Model log linier empat dimensi didapatkan model terbaik adalah Model (WX,XY,XZ,YZ) yang artinya dalam kasus ini terdapat hubungan antara Jenis BBM(W)*Jenis Kendaraan(X), Jenis Kendaraan(X)*Rasio Kompresi Mesin(Y), Jenis Kendaraan(X)*Kapasitas Mesin(Z), dan Rasio Kompresi Mesin(Y)*Kapasitas Mesin(Z), dengan nilai AIC = -184.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51509
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:17 Jan 2017 13:37
Last Modified:17 Jan 2017 13:37

Repository Staff Only: item control page