PROBABILISTIC NEURAL NETWORK BERBASIS GUI MATLAB UNTUK KLASIFIKASI DATA REKAM MEDIS (Studi Kasus: Penyakit Diabetes Melitus di Balai Kesehatan Kementerian Perindustrian Jakarta)

WICAKSANA, JOHAN ADI (2016) PROBABILISTIC NEURAL NETWORK BERBASIS GUI MATLAB UNTUK KLASIFIKASI DATA REKAM MEDIS (Studi Kasus: Penyakit Diabetes Melitus di Balai Kesehatan Kementerian Perindustrian Jakarta). Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
3822Kb

Abstract

Neural Network (NN) merupakan sebuah sistem pemrosesan informasi yang memiliki karakteristik mirip dengan jaringan syaraf pada makhluk hidup. Salah satu model Neural Network yang digunakan untuk pengklasifikasian adalah Probabilistic Neural Network (PNN). PNN disusun dengan empat lapisan, yakni lapisan input, lapisan pola, lapisan penjumlahan dan lapisan output. Salah satu permasalahan klasifikasi yang dapat diselesaikan dengan PNN adalah klasifikasi status diabetes melitus. Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang terjadi baik ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak bisa secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. Untuk memudahkan dalam melakukan klasifikasi diabetes melitus maka digunakan software berbasis Graphical User Interface (GUI) dari Matlab untuk membangun sebuah aplikasi PNN. GUI yang terbentuk dapat melakukan klasifikasi PNN dan melakukan prediksi status diabetes melitus seseorang. Struktur PNN yang terbentuk menghasilkan akurasi tertinggi sebesar 0,991935 pada proses pelatihan dan 0,780488 pada proses pengujian yang didapat dengan persentase data latih dibanding data uji sebesar 90% dan 10% dengan metode evaluasi akurasi holdout, dan nilai penghalus sebesar 1. Klasifikasi ini menghasilkan 23 pasien yang diklasifikasikan sebagai negatif diabetes dan 18 pasien diklasifikasikan sebagai positif diabetes.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51497
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:17 Jan 2017 12:34
Last Modified:17 Jan 2017 12:34

Repository Staff Only: item control page